Kelola Art Fest #5 Neo-Pop Culture

 Kelola Art Fest #5 Neo-Pop Culture

JAYAKARTA NEWS – Kelola Art Fest (KAF) merupakan festival tahunan yang dinaungi oleh jurusan Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta. Pada tahun ini, Kelola Art Fest #5 diorganisir oleh “Koloni” yang merupakan sebutan nama angkatan 2018 dan dikuratori oleh Abdullah Rumbawa dengan mengangkat tema besar yaitu Neo-Pop Culture.

Neo-Pop Culture berangkat dari aktivitas masyarakat yang sempat terhenti akibat adanya pandemi Covid-19 dan memunculkan era new normal. Kedua isu tersebutlah yang melahirkan perilaku dan aktivitas baru di tengah masyarakat saat ini serta membuat perubahan pada sistem yang berlaku sebelum adanya pandemi Covid-19.

Kelola Art Fest #5 Neo-Pop Culture berada dalam bayang bingkai kurasi yaitu berupaya untuk merespon budaya baru yang lahir di tengah masyarakat melalui perspektif seni yang terjadi selama pandemic Covid-19. Dengan begitu, Kelola Art Fest #5 Neo Pop Culture mempersembahkan 3 konten acara berupa line up gigs, pameran, dan screening.

Melihat kondisi pandemi yang belum kunjung membaik maka, Kelola Art Fest #5 Neo Pop Culture diadakan pada 4-6 Desember 2020 dengan format penyelenggaraan luring dan daring. Luring akan diadakan di Galeri R.J. Katamsi dan Concert Hall ISI Yogyakarta.

Sedangkan daring akan diadakan melalui kanal YouTube Tata Kelola Seni dan Instagram Kelolartfest. Sehingga nantinya, Kelola Art Fest #5 Neo-Pop Culture akan menjadi ruang pertemuan antara apresiator dengan kreator industri seni, salah satunya guna memperkenalkan jurusan Tata Kelola Seni dalam ruang festival seni online yang dapat diakses secara lebih luas, tidak hanya dalam ruang lingkup kampus saja.

Peserta dan Penampil

Art Fest #5 Neo-Pop Culture di Galeri R.J. Katamsi – Concert Hall ISI Yogyakarta (luring), dan disiarkan melalui streaming YouTube (daring), 4  – 6 Desember 2020.

Bertindak selaku kurator Abdullah Rumbawa.

Perupa yang terlibat berjumlah 41 orang. Mereka terdiri atas Jonathan Bray, Kenny Hartanto, Mario Viani, Nanangsato, Raka Hadi Permadi, Rendy NJ,  Rizqi Maulana, Santos, Suyudana Sudewa, Teguh Sariyanto, Theanno Giannezi, Wayan Yusa, Dirgantara, Yulius Heru Prihono, Kandang Batunungga, Didin Jirot, Putu Dika Pratama, Don Bosco Laskar, Doppy Prasetya, Edbert Berna, Edi Bonetski, Y.M Fakri Syahrani, Fandi Angga Saputra, Febri Anugerah, Gesito Arhant Anggoro, Herru Yoga, I Made Dabi Arnasa, I Wayan Piki Suyersa, Agapitus Ronaldo, Agung Budiyono, Albert Prawira Po, Alif Edi Irmawan, Andi Acho Mallaena, Angiring Lakuning Surya, Basudewa Krisna, Bima Rekso Wibowo, Bio Andaru, Catur Agung Nugroho, Chrisna Fernand, Danang Dwi Ariyanto, Desy Febriyanti, Devis Zainur.

Adapun para penampil terdiri atas: The Bunbury, Winona Dryver, LOR, Good Pool, Honest Pineapple, Answer Sheet.

Screening berkolaborasi dengan Sekalixdisewon 1. Peramal Kode Buntut 2. Makan Malam 3. I am What I Eat 4. Is It Over Yet. (*/rr)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *