Keindahan Pulau Togean

 Keindahan Pulau Togean

JIKA Anda berkunjung ke Sulawesi Tengah, banyak terdapat pulau yang sangat indah. Pulau ini terletak di Teluk Tomini yang merupakan teluk terbesar di Indonesia.

Namanya Pulau Togean dan telah diresmikan pemerintah sebagai taman nasional (Kepulauan Togean National Park) pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di KabupatenTojo Una-una.

Destinasi wisata di wilayah Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, namanya lebih dikenal di mancanegara karena memang memiliki panorama alam yang luar biasa.

Apalagi wisata  alam bawah laut jadi tantangan para diver untuk menyusurinya.  Laut dan pantainya memiliki kekayaan biota laut yang masih terjaga.  Terdapat sejumlah goa di pulau-pulau kecil.

Lalu ada air terjun tersembunyi yang juga jadi tujuan wisatawan. Kawasan coral triangle merupakan pusat kekayaan hayati bawah laut dunia. Termasuk kawasan konservasi paling utama yang di bawah naungan langsung WWF (World Wide Fund for Nature).

Ada empat tipe terumbu karang: Karang Cincin (Atol), Karang Tompoh (Patch Reef), Karang Tepi (Fringing Reef), dan Karang Penghalang (Barrier Reef). Terdata, sekitar 262 spesies terumbu karang dari 19 family, tersebar di kepulauan ini.

Sebanyak 7 spesies di antaranya adalah spesies endemik Kepulauan Togean. Semua karang tersebut menjadi rumah bagi ratusan spesies ikan di Kepulauan Togean.

Di sini wisatawan tidak perlu susah-susah menyelam menikmati karang-karang itu. Dari tepian pantai, terumbu karang yang indah itu bisa dilihat. Ini karena air lau yang jernih yang bak Kristal.

Menuju Togean melalui Gorontalo. Jalur Gorontalo mempunyai rute penerbangan yang paling mudah. Karena Bandara Sultan Jalaludin di Gorontalo telah dilayani hampir semua Maskapai seperti Garuda, Sriwijaya, Lion dan Batik.

Perjalanan dari Gorontalo ke Wakai menggunakan Fery dengan waktu tempuh sekitar 12 jam dan hanya tersedia 2 kali seminggu yaitu hari Selasa dan Jumat. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *