“Kecil itu Keren” di Bellevue Art Space

 “Kecil itu Keren” di Bellevue Art Space

Suasana pameran lukisan “Kecil itu Keren” di Bellevue Art Space, 17 – 31 Oktober 2022.

JAYAKARTA NEWS – Ruang pamer Bellevue Art Space yang berada di Bellevue Mall, Cinere, Jakarta Selatan meriah. Ratusan lukisan berukuran kecil terpampang di dinding ruang. “Kecil itu Keren”, tajuk pameran bersama yang diselenggarakan mulai 17 – 31 Oktober 2022.

Sederetan lukisan dengan ukuran 17cm x 17cm, terpajang rapi dalam ruang pamer. Untuk menikmatinya, perlu ketelitian. Hanya dengan begitu, kita bisa mengetahui satu persatu apa objek yang dilukis.

Lukisan-lukisan kecil itu dipajang menempel dinding dengan rapi. Itu membuat lukisan-lukisan tampak tertata rapi dam memudahkan pengunjung untuk menikmatinya satu per satu.

Kenapa ukuran lukisan itu harus 17 x 17 cm? Pertanyaan ini banyak dilontarkan para peserta pameran, seniman peserta pameran, maupun khalayak. Pemilihan ukuran ini agar pameran ini menjadi berbeda dengan pameran lukisan lain yang sama-sama mengusung tema sejenis.

Ratusan karya yang dipamerkan berukuran seragam, 17 x 17 cm.

Lintas Generasi

Pameran ini diikuti hampir 200 perupa dari berbagai kota. Mereka antara lain datang dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Bandung, Indramayu, Cikampek, dan Karawang. Peserta lain datang dari Yogyakarta, Solo, Purworejo, Sragen, Banyumas, Salatiga, Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Bali. Selain itu ada dua perupa dari negeri tetangga, Singapura dan Australia.

Bahkan pameran ini bisa disebut sebagai pameran lintas generasi, lintas kota dan lintas negara. Konsep pameran ini memang mengusung egalitarianisme. Semua karya yang dipamerkan punya kesetaraan dan nilai yang sama pada saat digelar di ruang pamer.

Tak ada batasan antara yang senior dan yunior, antara aliran satu dan lainnya, media yang satu dan yang lain. Semuanya saling melengkapi dan memiliki nilai keindahan yang begitu relatif.

“Pameran ini memberi kemudahan bagi para perupa, dengan hanya mengirim karyanya dalam bentuk lembaran saja, tanpa spanram maupun pigura. Kami telah menyiapkan spanram khusus yang dibuat sama. Tujuannya agar dalam penataannya terlihat rapih dan seragam,” ungkap Rindy Atmoko, steering committee pameran tersebut. (rr)

Para pelukis peserta pameran “Kecil itu Keren” di Bellevue Art Space, Bellevue Mall Cinere, Jakarta Selatan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.