Keamanan Perayaan Natal, Wujud Nyata Nawa Bhakti Satya Jatim Berkah

 Keamanan Perayaan Natal, Wujud Nyata Nawa Bhakti Satya Jatim Berkah

Emil Dardak saat memberikan sambutan dan foto bersama dengan umat kristiani. (foto: humas jatim)

Jayakarta News – Perayaan Natal tahun ini terasa spesial bagi sebagian warga Jawa Timur di kawasan Malang Raya. Pasalnya, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri langsung acara Ibadah Perayaan Natal yang digelar bersama umat nasrani se-Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyebut kebebasan beragama dan beribadah setiap umat merupakan wujud nyata ‘Jatim Berkah’ yang terkandung dalam Nawa Bhakti Satya Pemprov Jatim.

Emil Dardak, sapaan akrab Wagub Jatim itu menyampaikan bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk menganut dan menjalankan ibadah mereka sesuai kepercayaannya masing-masing.

“Setiap insan di Jawa Timur sebagai manusia yang Pancasilais,” ujar Emil Dardak saat menghadiri Perayaan Natal Bersama se Malang Raya di Hotel Savana, Malang, Rabu (25/12) malam.

Sikap Pancasilais yang dimaksud Wagub Emil Dardak adalah mengacu pada sila pertama Pancasila, yaitu ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’. Dirinya menyebut bahwa setiap warga negara memilliki hak yang sama untuk menjalankan agama yang dianut dengan sebaik-baiknya.

Orang nomor dua di Jatim ini meyakini bahwa jika setiap warga bisa bebas melaksanakan ibadah masing-masing, maka Jawa Timur senantiasa mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. Karena, jika kerja keras dan kerja cerdas dari masing-masing personal tidak mendapat restu dan pertolongan dari Tuhan tentunya tidak akan berarti apa-apa.

Pada perayaan tersebut, mantan Bupati Trenggalek ini mengaku sangat bahagia karena dirinya bisa ambil bagian dalam perhelatan tersebut. Tak lupa, dirinya juga memanjatkan doa khusus agar Jawa Timur bisa senantiasa mendapatkan kedamaian, kebersamaan dan dijauhkan dari segala hal buruk.

“Kebersamaan kita ini, semoga senantiasa terjaga dan terjalin,” tambahnya.

Dengan semangat kebersamaan dari semua elemen, baik tua maupun muda, semuanya berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara ini.

“Mewakili Ibu Gubernur, kami menghaturkan Selamat Hari Natal 2019. Semoga segala rangkaian kegiatan maupun ibadah dan yang pasti kebersamaan dengan sanak saudara dan keluarga bisa berjalan lancar dan penuh kebahagiaan,” sebut Wagub Emil.

Guna menjaga kekhusyukan dan keamanan selama perayaan Natal, sehari sebelumnya, tepat pada malam Natal, hari Selasa (24/12), Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim secara terpisah melakukan pengecekan langsung di beberapa tempat ibadah umat nasrani yang ada di Surabaya. Tak hanya sebatas di Surabaya, pengamanan ekstra juga dilakukan oleh Pemda se-Malang raya bersama Forkopimda setempat guna menjaga kekondusifitasan perayaan Natal tahun 2019.

Wagub Emil menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama turun dan menjaga keamanan saudara-saudara yang tengah menjalankan ibadahnya. Dirinya meminta doa kepada semua jemaat yang hadir agar seluruh aparat gabungan yang bertugas bisa selalu diberi keselamatan dimanapun mereka bertugas.

“Semoga kedamaian selalu menyertai kita semua, baik di Malang Raya, di Jawa Timur dan di Indonesia secara keseluruhan,” tutup Wagub Emil.

Dalam acara yang berlangsung khidmat tersebut, Wagub Emil didampingi Walikota Malang, Sutiaji, berserta jajaran Forkopimda se-Malang Raya dan beberapa tokoh agama. Mereka mendapat kesempatan untuk secara bergiliran menyalakan lilin pada sesi pujian lagu Kudus. Bersama tak kurang dari 1200-an jema’at, Wagub Emil secara khidmat mengikuti jalannya prosesi tersebut. (poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *