Connect with us

Entertainment

‘Kartolo Numpak Terang Bulan’: Film Komedi tentang Ikon Ludruk

Published

on

para pemeran 'Kartolo Numpak Terang Bulan' (foto koleksi Ainun)

JAYAKARTA NEWS— Ikon seni ludruk yang tersohor dari Surabaya saat ini adalah Cak Kartolo. Sutradara M Ainun Ridho membuat film komedi berjudul ‘Kartolo Numpak Terang Bulan” (KNTB) yang didedikasikan untuk 2 seniman ludruk yaitu Cak Sapari (wafat 15 September 2022) dan Cak EkovTralala (tutup usia 24 November 2023).

KNTB yang akan beredar 14 Maret 2024 ini dibintangi seniman seniwati ludruk asal Surabaya, yaitu Cak Kartolo (berperan sebagai Kartolo), Ning Kastini (Ning Tini), Aida Yunalvita (Sari), Arief Wibisono (Jon), Dewi Kartolo (Dewi) dan lain-lain.

Film ini juga didukung seabreg siswa magang SMK Dr Soetomo Surabaya jurusan Produksi Film.

Berkisah tentang Cak Kartolo, seorang duda tua di pelosok Surabaya. Ia membuka kost untuk mahasiswa. Ada empat orang mahasiswa yang kost yaitu Simon dari Papua, Yusuf dari Makassar, Mat dari Tulungagung dan Boncel dari Malang.

Tetangga Kartolo bernama Ning Tini yang berstatus janda dan hidup tenang bersama anaknya bernama Jon.

Ada sosok lain yang menghidupkan cerita ini yaitu Cak Sapari yang membuka usaha Warkop (bersama isterinya, mbak Dewi) dan hansip Bendoyo yang kurang pendengaran. Suatu hari, Kartolo sakit. Datang Sari, puterinya dari Jakarta.

Kedatangan Sari menimbulkan kehebohan dan persaingan di antara empat mahasiswa yang kost di rumah Kartolo. Masing-masing berusaha mendapatkan Sari. Bagaimana akhir persaingan empat mahasiswa ? Dan apakah Kartolo sembuh dari penyakitnya?

Sebuah film komedi yang penuh tawa dan ger-geran yang mengocok penonton. Yang pasti, M Ainun Ridho lewat film KNTB berhasil ‘naik kelas’ dan dua jempol patut diberikan kepada dia.
Sebuah film yang wajib direken untuk ditonton ! (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *