Kapolri Luncurkan “Kitab Kuning” Kepolisian Era Demokrasi

 Kapolri Luncurkan “Kitab Kuning” Kepolisian Era Demokrasi

KAPOLRI Jenderal Pol. Prof H.M. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D yang berkolaborasi dengan peneliti senior LIPI, Prof (Ris) Hermawan Sulistyo, Ph.D, menulis buku Democratic Policing, Selasa (21/11) meluncurkan karya mereka di depan kalangan akademiisi dan pemikir kepolisian. Buku ini dapat diibaratkan sebagai “kitab kuning” kepolisian Indonesia di era demokrasi.

Penafsiran itu dimungkinkan, karena buku ini memang diarahkan sebagai pedoman bagi insan Bhayangkara dalam mengambil fungsi dan peran di era demokrasi. Menurut Kapolri, buku ini pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua bagian. Bagian awal berupa filisofis dan konseptual, sedangkan bagian kedua berupa konsep aplikatif promoter.

“Buku ini menjadi pedoman buat para perwira Polri dalam menjalankan tugasnya,” kata Tito.

Dalam diskusi dengan peserta, Kapolri maupun Kikiek mengapresiasi keinginan aktivis perlindungan anak dan wanita, Rustin Ilyas, yang mengharapkan buku ini ditulis ulang dalam bahasa anak sekarang (generasi now). “Karena masa depan Polri dan Indonesia itu di tangan mereka,” katanya.

Kapolri meminta Kalemdikpol untuk menindaklajuti masukan tersebut, agar dapat diterbitkan buku yang mudah dibaca kalangan generasi now.

Usman Hamid, aktivis HAM menyambut baik terbitnya buku ini, yang menandai keberpihakan Polri pada penegakan hukum berbasis HAM. Pada akhirnya, masyarakat akan menunggu bagaimana hasilnya. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *