Kampung Tangguh Bakal Diperluas ke Mal dan Pasar

 Kampung Tangguh Bakal Diperluas ke Mal dan Pasar

Jayakarta News – Efektivitas kampung tangguh untuk memutus mata rantai penyebaran convid-19, memunculkan pemikiran Polda Jatim untuk memperluas program tersebut ke mal dan pasar-pasar tradisional.

Selama ini di mal dipasang petugas untuk menyeleksi pengunjung dengan memeriksa suhu tubuh melalui thermal gun. Bagi pengunjung yang suhunya di atas 38 tidak diperkenankan masuk.

Untuk pasar tradisional tidak banyak yang melakukan pemeriksaan tetapi menempatkan baliho di depan pintu masuk dengan imbauan kawasan bermasker.

Keefektivan mal dan pasar tradisional dirasa kurang paripurna sehingga perlu ditambah dengan kiat-kiat lain seperti yang ada di kampung tangguh. Seperti diketahui kampung tangguh yang merupakan ide dari Polda Jatim sekarang menyebar di seluruh desa di Jatim, bahkan ke daerah-daerah lain di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan bukan tidak mungkin di seluruh Indonesia setelah pusat mengadopsi dan menggantinya dengan nama Kampung Nusantara.

Pelaksanaan Kampung Tangguh di Surabaya (Jawa Timur) berjalan sangat bagus. Salah satunya, karena dukungan beberapa pemerintah kabupaten/kota dengan menggelontorkan subsidi dana sebesar Rp 3 juta untuk kepentingan kampung tersebut.

Menurut Edi salah seorang pemilik stand di mall plaza marina yang khusus berjualan HP menyatakan senang kalau konsep “kampung tangguh” diterapkan di setiap mal. Menurutnya dengan adanya mal tangguh maka para pengunjung akan lebih nyaman dan tidak merasa was-was takut tertular corona.

“Saya menyambut baik kalau pemerintah merealisasikan program tersebut,” katanya kepada Jayakarta News Rabu (22/7/2020). (poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *