Connect with us

Fashion

Kain Endek Bali Warnai Paris Fashion Week 2020

Published

on

JAYAKARTA NEWS—- Kain endek dari Bali menjadi bahan pilihan Christian Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021 yang diperagakan dalam Paris Fashion Week September yang lalu di Jardin de Toileries, Paris.

Dalam emailnya, Dubes RI untuk Prancis, Armanatha Christiawan Nasir mengaku hal ini merupakan pengakuan tinggi terhadap keindahan dan kualitas endek Bali dan kontribusi positif terhadap dunia fashion internasional. “Dan juga menjadi penyemangat bagi masyarakat di Bali di tengah pandemi Covid 19,” tutur Dubes Armanatha Christiawan Nasir.

Fashion show Paris Fashion Week berlangsung 28 September hingga 6 Oktober 2020. Artistic Director Christian Dior Couture, Maria Grazua Chiuri mengungkapkan penggunaan kain endek Bali tak hanya untuk koleksi baju tapi juga untuk koleksi tas. Sekitar 86 desain terbaru Christian Dior, ada 9 motif kain endek digunakan dalam koleksi baru Christian Dior.

Idenya untuk nilai kebudayaan serta craftmanship penenun perempuan kain endek di Bali. “Sebagai bentuk recognisi kepada penenun endek di Bali, Christian Dior berencana mencantumkan daerah asal endek tersebut pada label baju dan pakaian nantinya. Ini apresiasi kepada Indonesia yang telah bekerjasama dengan KBRI di Paris dan Christian Dior. Koordinasi erat memelihara dan merawat aturan dan budaya, juga adat di Bali untuk menghormati HAKI endek yang digunakan bahan aslinya yang diproduksi di Bali,” imbuh Dubes Armanatha Christiawan Nasir.

Paris Fashion Week 2020 digelar dalam skala lebih terbatas sesuai aturan kesehatan dan jumlah undangan juga lebih terbatas. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *