Kado Ulang Tahun Bokiratu Nitabudhi Susanti

 Kado Ulang Tahun Bokiratu Nitabudhi Susanti
Istri alm Sultan Ternate Mudaffar Sjah, Bokiratu Nitabudhi Susanti. (foto: ist)

Jayakarta News – Bulan Juli menjadi momentum paling penting dalam hidup istri alm Sultan Ternate Mudaffar Sjah, Bokiratu Nitabudhi Susanti. Usianya genap 51 tahun. Dan, kado ulangtahun paling membahagiakan ialah pernikahan putrinya.

Sebenarnya hari ulang tahunnya jatuh pada tanggal  9 Juli 2019. Tapi perayaan ultah baru saja dilaksanakan. Bertempat di kediaman Bokiratu, acara adat dilangsungkan secara khidmat.

“Kita buat nasi kuning, tumpeng, serta masakan-masakan khas Ternate. Setelah doa-doa, semua yang selama ini dilakukan di Ternate, digelar,” ungkap Bokiratu di rumahnya kawasan Cinere, Depok, Selasa beberapa waktu lalu.

Lalu, kado yang juga spesial adalah kehadiran para punggawa Kasultanan Ternate. Selain ada sekretaris sultan, datang pula Syarif Tabaika yang merupakan Kapita Soa Talangam. Juga masyarakat adat lainnya.

“Selama ini, setidaknya selama 4 tahun, kita hanya bisa ikut merayakan dari jauh. Paling memberikan ucapan selamat lewat telepon. Tapi saat ini, kita bisa bertemu langsung dengan Bokiratu,” ungkap Syarif Tabaika.

Semua, tambahnya, merasa bahagia karena bisa merayakan kembali ulang tahun Bokiratu secara bersama-sama. Selama ini, rakyat dilanda kerinduan mendalam kepada Boki yang dijauhkan dari Ternate.

Menggelar upacara adat yang menandai ulangtahun Bokiratu ke 51, adalah bagian dari kerinduan mendalam rakyat Ternate.

“Permohonan kami supaya ibu bisa cepat kembali ke Ternate. Dalam acara  selamatan ulang tahun, banyak rakyat Ternate yang telepon langsung mengucapkan selamat,” tambahnya. (Dohan)

Selamatan ulang tahun bersama pemuka adat Ternate. (foto: ist)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *