Jonathan Kuo Gelar Konser ‘Between Two Poles’

 Jonathan Kuo Gelar Konser ‘Between Two Poles’

Jonathan Kuo/foto: istimewa

JAYAKARTA NEWS— Setelah hampir dua tahun tak menggelar konser, pianis muda usia, Jonathan Kuo unjuk diri di Aulia Simfonia Jakarta, Kemayoran, Jakarta, baru-baru ini. Kali ini, pergelarannya berjalan langsung, tapi terbatas dan semua khalayak menjalani prokes ketat. Meski demikian, konsernya tetap dipenuhi pengunjung dan hal ini menandakan pengunjung benar-benar rindu musik klasik.

Dua komponis Rusia dibawakan oleh Jonathan, yaitu Sergei Prokoview dan Pyotr Ilyich Tchaikofsky. Liukan jari-jari lentik pada tuts piano Jonathan berjalan dengan durasi 80 menit (30 menit + 50 menit) yang diiringi 52 pemusik program piano Concerto no 3 in Major op 26 karya Sergei dan Symphony no 6 in B Minor op 74 karya Tchaikovsky.

“Awalnya, saya sedikit gugup. Persiapan 3 bulan dan latihan gabungan bersama orkes Jakarta Simfonietta pimpinan Iswargia R Sudarno tiga hari menjelang konser,” beber Jonathan.

Sore itu – konser yang diberi judul ‘Between Two Poles’ (Diantara Dua Kutub) – ini sungguh menjadi ‘malam Rusia’ dengan kualitas musikal nan rancak dan bernas. Sesuatu yang sedikit berbeda yang berjarak dua dekade (20 tahun) : Sergei lahir di akhir abad XIX, sedangkan Tchaikovsky beraliran romantik. “Rencana mendatang, sekitar Maret 2022, saya akan berkolaborasi dengan musisi senior seperguruan dan dengan orkestra luar negeri,” pungkas Jonathan mantap. (pik)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.