Connect with us

Kabar

Jokowi Bagi-bagi Bansos Jelang Pemilu, Puan: Biar Rakyat yang Menilai

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menanggapi pembagian bantuan sosial (bansos) yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelang pelaksanaan Pemilu 2024. Ia menegaskan, bansos yang diberikan Jokowi merupakan bantuan dari Negara untuk rakyatnya.

“Biar rakyat yang menilai. Sesuai aturan, itu adalah upaya bagaimana Pemerintah mengurangi kemiskinan untuk kesejahteraan rakyat,” kata Puan saat dimintai tanggapan oleh wartawan.

Hal tersebut disampaikannya usai mengunjungi sentra kerajinan gerabah di Dusun Pagerjurang, Desa Melikan, Kecamatan Wedi, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (30/1/2024). Ini merupakan kunjungan kesekian kalinya yang dilakukan Puan ke Jateng.

Puan pun menegaskan, bansos yang diberikan Jokowi beberapa waktu belakangan di sejumlah daerah bukanlah pemberian personal.

Puan Maharani/foto: dok PDIP

“Bantuan-bantuan tersebut adalah untuk rakyat yang diberikan oleh Negara. Itu memang hal yang harus dilakukan dalam mengentaskan kemiskinan,” tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI tersebut.

“Rakyat bisa menilai apa yang dilakukan merupakan hal yang harus dilakukan Negara untuk rakyatnya,” sambung Puan.

Cucu Bung Karno ini optimistis Jateng akan tetap menjadi kandang banteng. Puan yakin PDIP yang mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md itu tetap akan berjaya di Jateng.

“InsyaAllah, InsyaAllah Jateng tetap kandang banteng. Kita lihat, karena rakyat pasti sudah punya pilihan terbaik untuk Jateng,” tuturnya.

Saat ditanya wartawan mengenai Jokowi effect untuk elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Puan tak mau ambil pusing. Puan juga belum mau berkomentar banyak mengenai kemungkinan koalisi antara pasangan Ganjar-Mahfud dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar jika Pilpres masuk putaran kedua.

“(Soal Jokowi effect bagi Prabowo-Gibran) Biar rakyat yang menilai. (Potensi koalisi) Kita lihat nanti,” ucap Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud itu.

Puan juga menanggapi santai mengenai Jokowi yang makan bakso bersama dengan Prabowo di sela kunjungan di Magelang.

“Ya mungkin memang lagi laper, makanya makan,” jawab Puan kepada wartawan disambut gelak tawa rombongan.

Hal yang sama pun disampaikan Puan saat ditanya tentang Jokowi yang juga makan bareng Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Mungkin waktunya makan, lagi laper,” pungkas Puan.***din