Job Fair Poltekpar Medan Dikunjungi Ratusan Pencari Kerja

 Job Fair Poltekpar Medan Dikunjungi Ratusan Pencari Kerja
Direktur Poltekpar Medan Dr. Anwari Masatip S.Sos.

Ratusan pengujung pencari kerja datang silih berganti dari luar dan dalam Kota Medan, di hari pertama pelaksanaan Job Fair Poltekpar Medan, yang dibuka untuk umum itu diselenggarakan pukul 09.00 – 15.00 Wib tanggal 16 – 17 November 2018 di Achmad Tahir Hotel, Kampus Poltekpar di Jalan Rumah Sakit Haji, No. 12. Medan. Acara dibuka Ketua Panitia Penyelenggara Dr. Femmy Dalimunte AMd, SE, Msi juga sebagai Kepala Inkubator Bisnis Kewirausahaan dan Bursa Kerja di Poltekpar Medan. Tampak hadir Direktur Poltekpar Medan, Dr. Anwari Masatip S.Sos, Kabag M.Si, CHE, Pudir III, Iwan Riadi serta para stakeholder.

Job fair 2018 ini diharapkan menjadi ajang bertemu dan bertukar informasi mengenai posisi yang dibutuhkan perusahaan dan pencari kerja bidang pariwisata dan hospitality. Panitia berterima masih kepada peserta pameran, yaitu Wing Hotel Kualanamu, Garuda Plaza Hotel, Ibis Stlye Medan Patimura, Emerelad Garden International Medan, Grand Mercure Medan Angkasa, Hotel Grandhika Setia Budi,  Saffer Umrah HAJJ, Taman Simalem Resort, Hotel Santika Premere Dyandra, Le Polonia Hotel & Convention, Miyana Hotel, Four Point by Sheraton Medan, Grand Aston City Hall Medan, PT. Bisa Agung Persada, dan Ratu Oceania Raya (Cruise) yang berperan aktif sebagai user di Job Fair di Politehnik Pariwisata Medan.

Ketua Panitia Penyelenggara Job Fair Poltekpar Medan Dr. Femmy Dalimunte AMd, SE, Msi juga sebagai Kepala Inkubator Bisnis Kewirausahaan dan Bursa Kerja di Poltekpar Medan

“Sebagai instutisi di bawah Kementerian Pariwisata, kami merasa bertanggung jawab untuk berkontribusi dalam menurunkan jumlah pengganguran yang jadi masalah nasional sekaligus mendukung negara dalam menyiapkan tenaga kerja kompeten,” ujar Femmy yang juga alumni BPLP/Akapar – Poltekpar Medan.

Di kesempatan sama Direktur Poltekpar, Anwari Masatip menambahkan, event Job fair ini akan menjadi event reguler tiap tahun. “Kami harap event ini memudahkan bagi penyedia lapangan kerja dan tenaga kerjanya, “ jelas Anwari kepada Jayakarta News.

Kemudian lanjut Anwari, ada yang perlu diperhatikan bagi alumni yang akan mencari pekerjaan seperti arahan Menteri Pariwisata, yakni 3C yaitu Curriculum berstandar nasional dan international, Certification di Poltekpar Medan, dan Center of excellent. Melalui jalur bursa kerja ini mahasiswa bisa melihat bahwa dunia pekerjaan bekembang cepat seiring perubahan mekanisme proses pembelajaran.

Pengunjung job fair Poltekpar Medan sedang mengisi daftar tamu, sebelum masuk ke dalam Hotel Achmad Tahir. Foto Monang Sitohang

“Sehingga pada anak-anak nanti mulai mencari pekerjaan sudah kita bekali kemampuan untuk star up memulai pekerjaan sendiri sesuai dengan perkembangan zaman yang saat ini, digital itu saduh 4 poin nol artinya anak-anak ini tidak boleh lagi gagal tekhnolgi (gaptek)

Mahasiswa Harus melek teknologi. Karenanya pihak kampus mendorong agar mahasiswa mengembangkan kegiatan  entrepreneurship start up seperti yang dibahas dalam talk show bersamaan ajang Job Fair. Tema talk show adalah “Peluang Karier di Masa Mendatang”, menghadirkan narasumber Chayo Purnomo dan Riswan Surbakti, GM Hotel di Medan dan juga Ketua IHGMA,” ujar  Anwari.

Sementara, salah seorang pengunjung, Anjas Dwinarta (20) tamatan MAN asal Kisaran mengatakan sangat senang bisa hadir di acara ini. “Acara ini sangat bagus, dapat memberi informasi lowongan pekerjaan bagi siapa saja. Tidak rugi rasanya saya datang jauh dari Kisaran, dan kemarin malam tidur di masjid karena tidak memiliki keluarga di Medan, “ jelas Anjas.

Pengunjung lain, alumni Methodist jurusan akuntasi, Belmorita Hutagalung (22) mengetahui job fair ini dari instagram Poltekpar Medan, dan adiknya yang mahasiswa Poltekpar Medan. Ia mencari pekerjaan yang sesuai dengan disiplin ilmunya, lulutan Akuntansi (S1). Ia memuji pelaksanaan job fair di Poltekpar Medan cukup tertib, dan profesional.

Sedangkan, General Manager Hotel Wing, Indra Wirawan mengatakan ikut Job Fair untuk merekrut karyawan dengan background sekolah pariwisata mulai dari semua posisi, seperti akunting, front office, sales marketing, housekeeping, laundry dan semua Head Department. “Semua lamaran yang masuk akan kami lihat, dan kami memberi perhatian terhadap pelamar yang berkemampuan bahasa Inggris,” ujar Indra, yang merupakan alumni angkatan pertama BPLP/Akpar – Poltekpar Medan jurusan food and beverage management. (monang s)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *