Jernihnya Umbul Ponggok

 Jernihnya Umbul Ponggok

UMBUL Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta yang cukup terkenal di Klaten. Lokasinya di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Beraneka ikan hidup di Umbul Ponggok. Oleh pengelola dasar kolam yang terlihat karena beningnya air dijadikan sebagai area favorit snorkeling.

Berbagai asesoris, seperti tenda, meja, kursi, motor balap dan deretan motor, sepeda, pelaminan dan yang lainnya merupakan aksesoris yang ditanam di dasar umbul. Maka jadilah area pemotretan bawah air yang nge-hits.

Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter. Untuk masuk ke Umbul Ponggok wisatawan membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang.

Bagi wisatawan yang ingin snorkeling namun tidak membawa peralatan, di Umbul Ponggok juga terdapat tempat penyewaan snorkeling. Sewa kaki katak Rp 5.000, snorkel, Rp 10.000, pelampung Rp 5.000, ban Rp 5.000.

Disewakan juga kamera bawah air. Untuk ke sini dari Yogyakarta bisa ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *