Connect with us

Entertainment

‘Jendela Seribu Sungai’ tentang Anak-anak yang punya Impian dan Harapan

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Air adalah ibu. Sungai berliku dan air mengalir juga menjadi metafora tentang perjuangan anak-anak dalam mewujudkan cita-cita, impian dan harapan. Mimpi dan cita-cita anak selayaknya mengalir lepas seperti sungai. Seribu sungai dan kecipak air tersatukan gelombang besar yang membawa mimpi-mimpi terwujud.

Air dan sungai memang menjadi motivasi dan kekuatan dari film bertajuk ‘Jendela Seribu Sungai’, tapi juga film yang bergenre drama keluarga dan anak-anak ini menjadi film yang sangat inspiratifdan menghibur.

Perjuangan tiga anak bernama Arian, Kejora dan Bunga yang tinggal di tepian Sungai Martapura (Samarinda) berusaha keras mewujudkan cita-cita mereka. “Perjuangan mereka inilah yang digambarkan seperti air sungai yang terus mengalir, meski ada kebuntuan. Selalu ada celah untuk air terus mengalir. Seperti juga cita-cita, harus bisa melewati semua hambatan untuk mewujudkannya,” ujar sutradara Jay Sukmo.

Para pemain cilik film ‘Jendela Seribu Sungai’ (foto Kiki)

Kita akan melihat wajah Banjarmasin yang hadir secara visual, luar biasa menawan. Air sungai berkelok mulai dari pegunungan Meratus, hingga hilir sungai Martapura. Ikon-ikon Banjarmasin hadir di sini. Menawarkan nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupan keluarga Dayak Meratus. Ada kekayaan budaya yang ingin ditawarkan kepada penonton tanpa merasa dijejali pesan-pesan dalam film.

Film produksi kerja sama antara Pemerintah Kota Banjarmasin dan Radepo Studio juga memvisualkan keelokan tanah Loksado dan lekuk dan liuk sungai-sungai di pegunungan Meratus.

“Jendela Seribu Sungai hadir dan menghibur bertepatan dengan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 yang jatuh 23 Juli 2023,” jelas Aris Muda, produser yang bersama Avesina Soebli membuat film ini.

Sederet pemain anak lokal memperkuat film ini, yaitu Bima Sena, Sheryl Drisanna, Halisa Naura dan M Dicky Syafii. Ditambah lagi banyak pemain senior ikut memberi aksentuasi film ini : Mathias Muchus, Ariyo Wahab, Ibrahim ‘Baim’ Imran, Olla Ramlan, Elma Estiana, Agla Artalidia dan Bopak Costello. Yang unik, sosok Arian diperankan 2 aktor yaitu Bima Sena (Arian kecil) dan Ajil Ditto (Arian dewasa).

Yuk kita meriahkan HAN 2023 dengan ‘Jendela Seribu Sungai’ (tayang serentak di seluruh Indonesia mulai 20 Juli 2023) dari sudut pandang anak. Makna dan falsafahnya sangat menyentuh. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *