Connect with us

Kabar

Jelang Libur Lebaran, Arus Mudik di Tol Semakin Meningkat

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Jelang libur Lebaran arus mudik mulai menunjukkan peningkatan. Misalnya di ruas Jagorawi, tol JORR hingga tol Jakarta – Cikampek. Ternyata, kepadatan arus mudik sudah terjadi sejak pagi.

Ini lebih awal dari yang diperkirakan. Jumat (5/4/) rekayasa lalu lintas pemudik diberlakukan mulai pukul 14.00 WIB.

Sebagaimana diketahui, banyak pemudik mulai meninggalkan ibu kota usai shalat subuh. Bagi kendaraan kecil yang melintas di jalan layang MBZ, sejak pagi pukul 06.00 sudah dihadang kepadatan kendaraan. Keadaan sempat lancar antara ruas km 70 – 90. Setelah itu, kepadatan kembali menyergap. Rata-rata kecepatan hanya sekitar 5 km/jam.

Rest area km 166A (foto Roso Daras)

Palimanan Merah

Pantauan aplikasi perjalanan waze maupun google maps menunjukkan warna merah hingga Palimanan.

Beberapa faktor penyebab kemacetan adalah padatnya arus kendaraan yang melintas, tersumbatnya pintu masuk rest area, serta masih melintasnya kendaraan berat sejenis truk.

Sejak KM 100, tampak petugas kepolisian mengerahkan polantas bermotor menyisir ruas-ruas kemacetan.

Menjelang pintu tol Kertajati, Subang, petugas kepolisian mengeluarkan semua kendaraan jenis truk dari jalan tol. Mereka diarahkan ke jalur Pantura lama.

Sedangkan di beberapa rest area seperti di rest area 130A dan 166A, petugas kepolisian tampak sibuk. Mereka mengarahkan kendaraan yang baru masuk ke ruang-ruang parkir yang masih kosong. Di sisi lain, “mengusir” kendaraan yg ditengarai sudah beristirahat lebih dari 30 menit.

Satu Arah

Mengantisipasi ledakan pemudik sore hingga malam hari ini, kepolisian telah merancang pemberlakuan sistem satu arah. Di samping, pemberlakuan genap-ganjil.

Mengingat lebih dari 190 juta penduduk Indonesia melakukan “pergerakan” di Libur Lebaran tahun ini, maka diimbau masyarakat lebih cermat dalam menentukan pilihan.

Pilihan yang dimaksud, adalah pilihan hari dan jam keberangkatan, moda transportasi yang digunakan, hingga pilihan rute yang ditempuh.***rr

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *