Jayakarta News Terima “Journalism Emergency Relief Fund” Covid-19

 Jayakarta News Terima “Journalism Emergency Relief Fund” Covid-19

Jayakarta News – Google News Initiative terlibat aktif mempercepat proses penanganan Covid-19. Caranya, dengan membuka program bantuan dana bertajuk Journalism Emergency Relief Fund. Bantuan itu ditujukan bagi media-media lokal di seluruh dunia.

Media www.jayakartanews.com adalah salah satu media yang beroleh bantuan tersebut. Dikutip dari laman Google Initiative, pihaknya telah meluluskan 5.300 proposal dari media lokal berskala kecil dan menengah di seluruh dunia. Mereka yang diputuskan mendapat bantuan tersebut.

Seperti ditulis Head of Google News Initiative Innovation, Ludovic Blecher, melalui tulisan blognya, 5.300 media yang beroleh bantuan tadi berasal 140 negara. Dua minggu sejak pembukaan pendaftaran awal April 2020, pihaknya menerima lebih dari 12.000 proposal.

Disebutkan, bahwa 90 persen di antaranya berasal dari newsroom atau media yang mempekerjakan kurang dari 26 jurnalis. Dari pendaftar sebanyak itu, tim Google News Initiative (GNI) lantas me-review media yang beroperasi di wilayahnya sendiri (lokal), menyasar pembaca di kelompok geografis tertentu serta bertekad meneruskan kerja mereka lewat pendanaan ini.

Pihak penyeleksi juga disebut melibatkan lebih dari 300 Googlers (istilah bagi karyawan Google) ikut memeriksa pendaftaran serta menggelar belasan webinar dalam prosesnya. Disampaikan, separuh dari pendaftar tidak memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan.

Penerima terbanyak ada di kawasan Amerika Utara dengan lebih 1.800 media (dari 3.050 lebih pendaftar), diikuti kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika dengan total lebih dari 1.550 media (4.700 lebih pendaftar) serta kawasan Amerika Latin lebih dari 1.050 media (lebih dari 2.350 pendaftar).

Di kawasan Asia-Pasifik termasuk Indonesia, ada lebih dari 800 media yang menerima dana dari 2.000 lebih pendaftar. Di Indonesia sendiri, disebutkan terdapat 180 lebih media yang disetujui pengajuannya. Selain Jayakarta News, juga beberapa media di Surabaya, Medan, dan sejumlah kota lain.

Pihak Google News Initiative juga menyebut besaran dana yang dikucurkan ke masing-masing media bervariasi, mulai dari 5.000 dolar AS (sekira Rp 69 juta) hingga 30 ribu dolar AS tergantung penilaian kebutuhan, skala, dan rencana program media tersebut.

Jayakarta News dalam hal ini menerima dana sebesar 5.000 dolar AS.

“Pemberitahuan bahwa Jayakarta News termasuk salah satu media yang mendapat bantuan dana Journalism Emergency Relief Fund sudah saya dengar dari Leo Patty beberapa waktu lalu. Sekarang baru dipublikasikan setelah kami menerima transferan dana tersebut,” ujar Roso Daras, Pemimpin Redaksi Jayakarta News.

Leo Patty, adalah penanggung jawab rubrik Internasional Jayakarta News yang ditugaskan Roso menjadi penanggungjawab sekaligus eksekutor program ini. “Sejak pembahasan proposal, sampai pengisian form dan pemenuhan syarat-syarat, kami lakukan bersama-sama,” tambah Roso. Koordinasi dilakukan melalui virtual meeting melibatkan staf redaksi yang lain.

Roso menambahkan, momentum ini harus disyukuri. Sebab, mendapat kepercayaan dari lembaga sebesar Google tentu merupakan prestasi tersendiri. “Karenanya, kita harus menjawab dengan kredibilitas serta akuntabilitas,” tandasnya. (leo)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *