Connect with us

Kabar

Jawa Timur Belum Berlakukan PSBB

Published

on

Jayakarta News – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengakui kalau pihaknya belum menerapkan Pembataaan Sosial Berskala Besar(PSBB) dengan berbagai alasan.

Saat melakukan wawancara video conference dengan BBC Indonesia di ruang kerja, Senin (6/4/2020) petang, ia mengatakan, pihaknya  tidak bisa melarang, bila belum bisa mengintervensi kondisi ekonomi masyarakat dengan jaminan pengamanan sosial (social safety net).

“Jadi kami tdk bisa melarang masyarakat Jatim yang merantau untuk mudik, kalau belum bisa menjamin mereka. Itu as soon as posible,” ujarnya.

Dikemukakan pula, pihaknya akan terus memberi arahan dan imbauan namun dilakukan secara kultural menggandeng komunitas mereka dan bupatinya. Seperti berdialog dengan asosiasi pedagang pecel lele, pedagang sate madura dan soto lamongan yang ada di luar provinsi.

Menurut Gubernur, hingga kini ia belum mendapat tembusan dari bupati atau walikota yang ingin mengajukan PSBB. Oleh karenanya, ia berharap upaya-upaya pemaksimalan ikhtiar yang dilakukan Jatim bisa aktif dan efektif. “Tagline Jatim adalah bergotong royong melawan covid19, semoga ikhtiar ini mendapat hasil maksimal,” katanya.

Adapun beberapa ikhtiar yang sudah dilakukan Jatim, antara lain terus mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan physicql distancing selama masa darurat covid19, rajin cuci tanga dengan sabun dan tetap di rumah atau tidak keluar bila tidak ada keperluan yang mendesak.

Ikhtiar-ikhtiar lannya, yakni Pemprov Jatim bersama Perhutani berkoordinasi untuk menyiapkan lahan bagi pemakaman pasien meninggal karena Covid-19. Selain lahan pemakaman, saat ini Pemprov Jatim juga menyiapkan dua unit mobil ambulan untuk mengantar pasien positif Covid19 dipindahkan atau dirujuk dan juga mengantar / pemulasaraan jenazah kepemakaman.

Selanjutnya, membagikan alat komunikasi berupa smartphone kepada 75 rumah sakit rujukan Covid-19. Dengan smartphone tersebut, diharapkan bisa diketahui dinamika masing-masing rumah sakit rujukan, sehingga ada respon cepat untuk penanganan guna menghentikan penyebaran Covid19.

Di smartphone itu, lanjut gubernur, sudah dipasang aplikasi sebagai monitoring data terbaru tentang Covid19, sehingga penanganan bisa lebih cepat. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *