Jatim Dominasi Pemenang Putra Putri Batik 2017

 Jatim Dominasi Pemenang Putra Putri Batik 2017

PEMILIHAN Putra Putri Batik Nusantara tahun ini menghasilkan pemenang dari daerah luar Jakarta. Tema tahun ini Batik Peranakan. Digelar atas inisiatif Kementrian Pariwisata, IPBN, dan Bekraf.

Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2017 sukses digelar pada Sabtu (25/11) malam. Berlokasi di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, pihak Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) sebegai penyelenggara akhirnya menemukan pemenang untuk tahun ini.

Gelar Putra Putri Batik Nusantara 2017 dinobatkan kepada Steven Valerian dari Jawa Timur (Putra Batik) dan Agisha Febila dari Jawa Barat (Putri Batik) sebagai Juara 1. Sementar Juara 2 ditempati Abdy Azwar Sahi dari Banten dan Yasmin Oktavia dari Jawa Timur, ditambah Juara 3 yakni Dika Fadlika dari Jawa Tengah dan Tita Oxa Anggrea dari Jawa Timur.

Steven Valerian dan Agisha Febila berhasil menang dari 28 peserta putra dan putri lainnya. Mereka juara setelah melewati seleksi cukup ketat pada tahap audisi yang diikuti sekitar 74 semifinalis. Kemenangan dinilai langsung oleh para juri yang terdiri dari Tantie Koestantia (Pembina IPBN), Musa Widyatmodjo (desainer senior), Titiek Djoko (Yayasan Batik Indonesia), Renita Adrian (Djarum Foundation) dan lainnya.

Ketua Umum Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) Ayu Dyah Pasha mengataian bahwa kegiatan ini diadakan dalam rangka melestarikan batik Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada tahun 2009.

“Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2017, adalah sebagai wahana regenerasi untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan dikalangan anak muda sebagai pewaris budaya bangsa,” kata Ayu Dyah Pasha di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Sabtu (25/11).

Wanita yang mencintai seni ini menambahkan, seluruh finalis Putra Putri Batik Nusantara 2017 telah menampilkan aksi terbaik selama audisi hingga malam puncak. Pada malam grand final pun menurutnya sudah tampil maksimal dengan balutan busana batik dari para perancang seperti Raden Surait, Danjyo Hijyoji, dan Ambah Batik.

“Semoga Putra dan Putri Batik Nusantara 2017 bisa ikut ambil bagian mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia melalui berbagai kegiatan di dalam maupun luar negeri,” ucap Ayu Dyah Pasha.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *