JANETA Mobile Layani Penyandang Netra

 JANETA Mobile Layani Penyandang Netra

JANETA mobil unit bersama awaknya(foto:istimewa)

JAYAKARTA NEWS—JANETA Mobile Unit, bertekad untuk melanjutkan misinya yakni terus menyusuri kota/kabupaten se-Jatim untuk memberikan pelayan ke masyarakat penyandang tunanetra.

JANETA Mobile Unit adalah singkatan dari Jasa Netra, yaitu sebuah unit mobil keliling guna menjangkau para disabilitas netra beserta keluarganya untuk diberikan layanan rehabilitasi secara langsung.  

“Baru-baru ini JANETA Mobile telah melayani Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan,” ujar Kepala UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang, Firdaus Sulistijawan, Kamis (3/9/2020) seperti dirilis Kominfo Jatim. 

Dikatakan Firdaus, JANETA Mobile Unit merupakan satu-satunya layanan penyandang netra di Jatim. JANETA Mobile Unit adalah salah satu inovasi Rehabilitasi Sosial Bina Netra (RSBN) Malang dengan sasaran keluarga disabilitas netra (Distra) dan kaum netra yang ada di Malang yang tidak tertampung di UPT.

“UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang adalah Unit Pelaksana Teknis milik Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang memberikan layanan rehabilitasi dalam panti bagi disabilitas netra di Jawa Timur dengan kuota 105 klien dan angka kelulusan 20 klien per tahun,” ujarnya.

Tim JANETA Mobile Unit ini akan mendatangi kaum netra untuk memberi aksesibiltas edukasi dan akses kesehataan kepada mereka. Visitasi UPT RSBN malang melalui ini asi janeta mobile unit Melaksanakan giat RBM (Rehabilitasi Berbasis Masyarakat) untuk kaum distra. 

Latihan yang diberikan adalah Edukasi bagi distra dan keluarganya melalui orientasi mobilitasi distra untuk perluasan jangkauan area agar distra mampu lebih bergerak kemanapun dengan lebih cepat adaptif dengan lingkungan sekitar, ADL activity daily living. Bagi distra dan keluarga agar distra mampu mandiri aktifitas harian agar tidak tergantung pada orang lain, Pengenalan jenis mata uang, Lat BTB baca tulis braille bagi distra.(poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *