iPhone 8 akan Dibekali Facial Recognition Teknologi 3D

 iPhone 8 akan Dibekali Facial Recognition Teknologi 3D

SETELAH menerapkan finger security (teknologi keamanan berbasis sidik jadi pengguna),kini Apple disebut-sebut tengah menyiapkan sistem pengamanan dan perlindungan konsumen atas penggunaan produknya dengan memakai sistem pengenalan wajah (facial recognition) berteknologi 3D.

Iphone 8 akan menjadi prodok telepon cerdas pertama buatan Apple yang akan memanfaatkan teknologi pengamanan berbasis pengenalan wajah dengan tiga demensi tersebut.

Untuk tujuan tersebut, Apple menggandeng LG Innotek, anak usaha LG yang memproduksi komponen elektronik, yang akan mensuplai kamera facial recognition yang berteknologi 3D.

Korea Economic Daily mengungkapkan, untuk pengenalan wajah 3D, akan ditanam kamera yang memiliki kemampuan untuk mampu merekam kedalaman wajah. Dengan pengenalan seperti itu, secara teoritis maka pemilik iPhone yang bersangkutan akan dengan mudah dan aman dapat membuka kunci smartphonenya.
Memang, teknologi semacam itu telah digunakan oleh Samsung Galaxy S8. Hanya saja, kabarnya tidak aman untuk proses otentikasi pembayaran secara mobile. Masalahnya, sistem keamanan itu masih bisa “didobrak” penipu dengan cara menghadapkan ponsel ke depan foto si pemilik smartphone tersebut.

Sebelumnya iPhone 8 juga disebut-sebut akan memakai teknologi pengenalan wajah, menyusul langkah Apple mengakuisisi sebuah perusahaan startup RealFace.

Bagi LG Innotek, kalau proyek baru ini berjalan sebagaimana diisukan, ini bukanlah hal kali pertama baginya dalam menyuplai ke Apple. Sebelumnya, LG Innotek juga mensuplai modul kamera ganda iPhone 7 Plus.

Untuk proyek terbarunya ini, LG konon membenamkan investasinya senilai 238,5 juta dolar AS guan membangun fasilitas baru pembuatan modul kamera bagi Apple. Kabarnya, kamera 3D itu berukuran lebih kecil daripada kamera iPhone 7 Plus. Dengan demikian, LG membutuhkan pabrik dengan spesifikasi yang berbeda.

Sejauh ini belum ada komentar atau konfirmasi baik dari LG maupun Apple, terkait isu yang dikabarkan oleh Korea Economic Daily tersebut.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *