“Indonesia Raya Bergema” di Yogyakarta

 “Indonesia Raya Bergema” di Yogyakarta

Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat mencanangkan “Indonesia Raya Bergema”, Kamis (20/5/2021) bersamaan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. (ist)

JAYAKARTA NEWS – ForYou Indonesia sebagai forum komunikasi beberapa elemen organisasi dan para aktifis kaum nasionalis yang membawa gagasan menggemakan lagu kebangsaan Indonesia Raya di Yogyakarta sangat didukung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X terbilang sukses dan menghentak segala lapisan masyarakat.

Tanggal 20 Mei 2021 di Bangsal Kepatihan. Seremonial pencanangan  menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diiringi oleh Abdi Dalem Musikan Keraton Yogyakarta dari Bangsal Mandalasana, Keraton Yogyakarta.

Pada saat yang sama, Indonesia Raya juga dinyanyikan serentak di seluruh kantor organisasi perangkat daerah DIY dan Kabupaten Kota serta sejumlah tempat lainnya termasuk perguruan tinggi Atmajaya, SMAN 1 Sleman, bahkan di pasar Beringharjo juga tak ketinggalan di Kraton Yogyakarta serta Kraton Puro Pakualaman, tak ketinggalan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ajakan atau gerakan mengumandangkan lagu Indonesia Raya secara kontinu di ruang publik yang dicanangkan ini sebagai bentuk kampanye berkelanjutan untuk mengobarkan nasionalisme rakyat Indonesia dilandasi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. 

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta istri, GKR Hemas serta jajaran Forkopimda DIY menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. (ist)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara resmi meluncurkan gerakan Indonesia Raya Bergema tepat pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Kamis (20/05) mulai pukul 08.45 – 10.30 WIB dari Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. 

Dalam sambutannya Gubenur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan gerakan Indonesia Raya Bergema yang dicanangkannya pada momen peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada hari Kamis, 20 Mei 2021, seperti halnya serangan Umum 1 Maret 1949.

Serangan Umum 1 Maret 1949 merupakan sebuah serangan yang membawa inspirasi semangat kebangsaan yang memang benar-benar hidup di hati masyarakat luas.

“Marilah peringatan Hari kebangkitan Nasional ini kita bangkitkan semangat nasionalisme dan patritisme melalui gerakan Indonesia Raya Bergema,” kata Sultan HB X dalam sambutan saat mencanganan Gerakan Indonesia Raya Bergema yang disiarkan secara live streaming di kanal YouTube Humas DIY dari Gedung Pracimosono Kepatihan Yogyakarta, pada hari Kamis, 20 Mei 021.

Diakhir acara ketua umum ForYou Indonesia Ridho didampingi Listianto Budiman (Lobo) menyampaikan bahwa ForYou akan tetap selalu berjuang untuk menggemakan jiwa nasionalisme, dan untuk program selanjutnya menginginkan lagu Garuda Pancasila juga akan disosialisasikan ke segenap lapisan masyarakat segala usia. Negeri ini menanti gebrakan kebangsaanmu, Foryou Indonesia. Salam Pancasila. (gde)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *