Indonesia ‘Banjir’ Medali, Pemerintah Tambah Anggaran Bonus Atlet

 Indonesia ‘Banjir’ Medali, Pemerintah Tambah Anggaran Bonus Atlet

foto ilustrasi- istimewa

foto ilustrasi- istimewa

Di luar dugaan, medali Indonesia terus bertambah. Padahal target Kontingen Indonesia pada Asian Para Games 2018 ini hanyalah 16 medali emas. Sementara sampai hari ini, Kamis sore medali emas yang dikoleksi sudah mencapai 24 emas. Belum lagi medali perak dan perunggu. Sehingga total medali Indonesia adalah 96 medali. Rinciannya, 24 emas 33 perak dan 39 perunggu.

Di sisi lain, pemerintah tadinya memperkirakan kalaupun ‘meleset ke atas’ emas yang bakal didapat sekitar 20 keping. Berdasarkan perkiraan tersebut pemerintah pun menyiapkan dana sekitar Rp204 miliar untuk bonus para atlet.

Ternyata semuanya di luar perkiraan. Medali emas maupun medali-medali lainnya terus mengalir ke kubu tuan rumah. Dengan hasil gemilang ini, mau tidak mau pemerintah sesuai komitmennya untuk memberi bonus yang sama seperti atlet Asian Games, maka harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk menambah uang bonus.

Hal ini juga diakuo oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi yang menjelaskan, awalnya disiapkan dana Rp204 miliar dengan maksimal 20 medali emas. Namun karena Kontingen Indonesia terus menambah medali maka pemerintah akan mendambah dana bonus atlet. Rencananya bonus atlet tersebut diberikan Sabtu 13 Oktober 2018, sebelum upacara penutupan Asian Para Games.

Bonus akan kami berikan Sabtu, sebelum penutupan, sebelum keringatnya kering,” kata Imam saat ditemui di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta, Kamis (11/10/2018).
Untuk menyiasati dana tambahan, pihaknya rencananya akan mengambil dari dana yang tidak terserap di Kemenpora untuk dialokasikan pada bonus. Ini memang sudah menjadi komitmen pemerintah untuk menghargai jerih payah atlet yang telah berjuang mengharumkan nama Indonesia.

Seperti halnya Asian Games lalu dimana atlet-atlet yang tidak mendapat medali pun mendapat bonus, maka pada Asian Para Games  pun demikian. Atlet-atlet yang tak meraih medali, juga akan mendapat bonus sekitar Rp20 juta.

Sebegaiamana diketahui, bonus yang rencanakan akan diberikan adalah Rp1,5 miliar untuk peraih medali emas nomor perorangan, Rp500 juta untuk medali perak dan Rp250 juta untuk medali perunggu.

Untuk bonus medali emas ganda sekitar Rp 1 miliar per orang (satu pasangan mendapat Rp 2 miliar), dan beregu Rp 750 juta per orang. Medali perak ganda Rp 400 juta dan beregu Rp 300 juta per orang. Medali perunggu ganda Rp 200 juta dan beregu Rp 150 juta per atlet. ***/ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *