Ibnu Jamil – Puasa Yes, Olahraga Yes

JAYAKARTA NEWS – Aktor  film dan presenter Ibnu Jamil (37 tahun) selalu menekankan kiat bahwa olahraga harus dijalani seimbang dengan aktifitas sehari-hari. Meski bulan puasa Ramadan sekalipun, olahraga wajib dilakukan, tapi jam dan durasinya dikurangi.

“Kalau bisa, satu jam setelah imsak lakukan olahraga fisik ringan dan satu jam jogging atau renang setelah berbuka puasa,” ujar Ibnu Jamil dalam acara talkshow bertajuk ‘Keeping Shape in Healthy Way’ di Plaza Indonesia, baru-baru ini.

Tampak sekali kebugaran tubuh dan kekenyalan otot-otot badannya yang memancar dalam diri Ibnu Jamil.

Bintang berlesung pipi yang kini berstatus duda ini hampir setiap hari berolahraga lari dan mengangkat barbel. Push up dan sit up dilakukan tanpa henti. “Kalau normal, bisa mencapai 40 kali. Kalau berpuasa, cukup 15 ka;i,” kata Ibnu Jamil. “Kecuali saya sedang sibuk syuting film atau sinetron, cukup lari-lari ditempat saja,” imbuhnya.

Alhasil, pelakon webseries ‘Yakin Nikah’ – kini memasuki session 2 -, ini berhasil menurunkan berat badannya sampai 15 kg.

“Namun, hal ini rajin dilakukan tiap hari agar badan menjadi sit pack dan ideal. Dan yang terpenting, asupan makanan dan minuman juga harus dijaga. Hindari makan junk food dan yang mengandung banyak kolesterol. Tiap hari sebelum menyantap makanan berat, makan kurma lebih dahulu. Jumlahnya ganjil, 3 biji kurma. Ini mematuhi Sunah Nabi,” ungkap Ibnu Jamil.   

“Sering saya telat bangun, sudah lewat imsak..jangankan makan sayur, makan (sahur) saja enggak.. ” canda Ibnu Jamil.

Pemain film anak-anak ‘Kulari ke Pantai’ dan ‘Bi’dah Cinta’ ini sejak hidup menduda lebih banyak memesan katering untuk menu berbuka dan sahur. “Menu favorit saya lontong oncom. Dulu isteri saya, Ade Maya selalu membuatkan menu ini,” lanjutnya.

“Ini lebih praktis. Kecuali kalau saya lagi fokus kerja di lokasi sampai pagi hari, sahur saya lakukan di tempat syuting, apalagi lokasinya di luar kota,” kata ayah satu anak ini.

Apakah Anda pernah sakit atau mengalami kecelakaan selama syuting ?

“Alhamdullilah, sampai hari ini, enggak pernah. Saya selalu berdoa semoga pekerjaan yang saya lakukan berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi orang lain. Saya enggak pernah neko-neko, harus disiplin bekerja. Mungkin juga ini karena dampak saya aktif berolahraga,” jawab Ibnu Jamil yang bermain cemerlang di film ‘Assalammualaikum Beijing’ bersama Refalina S Temat dan Morgan Oey.

Walau jarang mendapatkan peran utama, namun hampir tiap tahun, selalu ada saja job main film dan sinetron.

“Buat saya, peran besar maupun peran kecil sama saja…saya harus bisa punya arti berperan sebagai si tokoh yang saya perankan…kan yang berbeda cuma honornya, hehehe…,” papar Ibnu Jamil tertawa.

Inilah beberapa filmografi yang Ibnu Jamil bermain, diantaranya ‘One Fine Day’, ‘Kalam Kalam Langit’, ‘Jendral Soedirman’,,’Guru Bangsa Tjokroaminoto’, ‘Cintaku Terancam Drop Out’ (sinetron) dan ‘Keluarga Kambing’ (sinetron) dll.

Kapan menikah lagi agar di bulan puasa Ramadan tahun depan ada yang memasakkan makanan lontong oncom buat sahur dan berbuka puasa ?

“Nantilah, saat ini, saya lagi fokus kerja..,” tukas Ibnu Jamil yang pernah menyabet penghargaan sebagai presenter olahraga terbaik dalam Panasonic Gobel Award beberapa tahun silam. 

Ketika di acara talkshow,  Rudi Jamil didaulat pemandu melakukan stair up, dimana kedua tangannya bertelekan pada tangga ke atas. “Yah… aya-aya wae… ini karena lagi puasa, cuma dua kali saja stair up. Untuk contoh saja…,” sahut Ibnu Jamil ngakak. Tampak kedua lesung pipinya  mencuat manis.[pik]

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *