I Ketut Riwin, Gitaris Pahama, Positif Covid-19

 I Ketut Riwin, Gitaris Pahama, Positif Covid-19

Ketut Riwin ( foto Istimewa )

JAYAKARTA NEWS—IGN Ketut Riwiyana atau yang akrab dipanggil I Ketut Riwin, gitaris Pahama, The Arms dan Tropical Transit, 64 tahun, positif terpapar Covid 19. Dikabarkan, Riwin mempunyai penyakit penyerta dan bersama isterinya di Bali, saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Nama Riwin terkenal sekitar tahun 1975 ketika ia masuk memperkuat vokal grup Pahama di Bandung. Pahama adalah akronim nama-nama personelnya yang berformasi terakhir yaitu Raymond Pattirane, Jefferey Pattirane, Denny Hatami, Bram Manusama, Ketut Riwin, Ary Malibu dan Dianne Carruthers dari Australia. Vokal grup bergenre folk pop ini menjuarai Bintang Radio dan TV tahun 1976 kategori vokal grup. Untuk juara kategori solo pria digaet Harvey Malaihollo dan pemenang kategori solo wanita diraih Rafika Duri.

Pahama melantunkan lagu ‘Pergi untuk Kembali’ ciptaan Minggus Tahitu dan ‘Hujan Sore Sore, lagu rakyat dari Maluku. Vokal grup yang beranggotakan musikus/biduan muda usia ini berasal dari Maluku, Sunda dan Bali. Boleh dikata, tahun-tahun itu kota kembang Bandung tengah dilanda menjamurnya vokal grup/folk grup, seperti Bimbo, Nobo, GPL Unpad, Stairway, Kharisma, Mythos, Double SB dll.

Rekaman perdana berupa kaset Pahama dilakukan tahun 1977 di Bimbo Recording System. Bahkan, Jaka dari Bimbo ikut menyumbang sebuah lagu dari Bimbo yaitu ‘Nelayan Tua’. Namun, kejayaan Pahama di blantika permusikan tanah air tidak setegar namanya.

Mendadak Bram dan Dianne yang suami isteri menyatakan cabut diri dari Pahama. Disusul Riwin juga out dan lebih memilih tinggal di Pulau Dewata. Dia mengelola kafe di Legian. Dalam konser dan rekaman, terakhir Pahama menggaet Tika Bisono untuk memperkuat vokal.

Belakangan, Riwin kemudian membangun kelompok musik Tropical Transit yang beraliran world music, yaitu kolaborasi musik etnis dengan ramuan jazz kontemporer. Bahkan, saat unjuk diri di JJF 2009, Tropical Transit tampil dengan atraksi teater dan tari yang disuguhkan oleh Sura dan Ayu Laksmi, rocker dari Bali. Aroma spiritualisme mencuat lewat dupa dan sesaji yang dibawakan Ayu Laksmi yang bersimpuh di lantai panggung sembari menyanyi.

Selain itu, Riwin juga unjuk kebolehan dengan petikan gitarnya lewat trio The Arms. Dua personel lainnya adalah Monos (vokal, perkusi) dan Ami Rosadi (vokal, tabla). Semoga cepat sembuh dan bisa main musik lagi, Riwin ! (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *