Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Hingga November Capaian Pajak Telah Mencapai 88% dari Target APBN

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Penerimaan negara tahun 2021 diproyeksikan sesuai target didukung oleh kinerja penerimaan pajak yang terus mengalami peningkatan sejalan dengan perbaikan ekonomi. Selain itu, didorong juga oleh realisasi penerimaan cukai dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang tumbuh positif.

Penerimaan pajak hingga November 2021 mencapai Rp1082,6 triliun atau 88 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara  (APBN), tumbuh 17 persen year-on-year (yoy). Jumlah ini ditopang oleh pertumbuhan  pajak penghasilan minyak dan gas (PPh Migas) sebesar 57,7 persen, PPh Non Migas 12,6 persen, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 19,8 persen, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) minus 6,2 persen, dan pajak lainnya tumbuh hingga 79,7 persen.

“Ini karena aktivitas ekonomi mengalami penguatan yang cukup tinggi, terutama sesudah kita bisa melakukan penanganan Delta varian” ungkap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada Konferensi Pers APBN Kita secara daring, Selasa (21/12/2021). Demikian dikutip dari laman setkab.go.id

Jika ditinjau lebih detail berdasarkan jenis pajak, pajak-pajak utama menunjukkan pertumbuhan positif pada November 2021. PPh 21 meningkat sejalan dengan perbaikan utilisasi tenaga kerja. PPh 22 impor membaik sejalan dengan peningkatan impor dan berkurangnya pemberian insentif PPh 22 impor untuk Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU) tertentu.

Selain itu, PPh Badan tumbuh seiring berakhirnya pemberian insentif pengurangan angsuran pada mayoritas sektor dan membaiknya kinerja penerimaan sektor. PPh 26 membaik disebabkan kenaikan pembayaran dividen subjek pajak luar negeri. Begitupun PPh Final dan PPN impor yang stabil meski PPN dalam negeri melambat disebabkan penurunan pembayaran pajak.

Jika ditinjau lebih detail dari sektor utama, kinerja penerimaan sektoral pada seluruh sektor tumbuh positif. Dua sektor yang berkontribusi terbesar untuk penerimaan pajak yaitu manufaktur dan perdagangan masing-masing tumbuh hingga 35 persen dan 54,9 persen.

“Ini artinya sesudah delta varian terkendali, perdagangan juga makin resilient dan tumbuhnya melonjak cukup tinggi,” jelas Menkeu.

Dari sisi penerimaan yang lain, kepabeanan dan cukai tumbuh signifikan 26,58 persen yoy yaitu terealisasi Rp232,25 triliun atau 108,05 persen dari target APBN. Pertumbuhan ini didorong pertumbuhan bea masuk 18,25 persen, cukai 10,84 persen, dan bea keluar yang pertumbuhannya mencapai 819,49 persen.

Sedangkan PNBP, seperti halnya pada pajak dan kepabeanan cukai juga memiliki kinerja yang meningkat seiring kenaikan harga komoditas migas, minerba, dan crude palm oil (CPO). Penerimaan PNBP hingga November 2021 sebesar Rp382,5 triliun atau 128,3 persen dari target APBN atau tumbuh 25,2 persen yoy.***/ebn

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *