Connect with us

Kabar

Hatur Bhakti Luhur Metri HUT Kota Malang ke-109 dan Umbul Dungo Luhur Kagem Mbah Yongki Irawan

Published

on

MALANG, JAYAKARTA NEWS – Memperingati hari jadi Kota Malang yang bertepatan hari Sabtu tanggal 1 April 2023, Budayawan dan seniman Malang gelar acara Hatur Bhakti Luhur Metri HUT Kota Malang ke 109 dan Umbul dungo luhur kagem Mbah Yongki Irawan selaku maestro seniman budaya yang telah meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang digelar di Alun-Alun Tugu dihadiri oleh Walikota Malang Sutiaji bersama Wakil Wali kota Sofyan Edi Soedjarwoko beserta jajaran pejabat pemerintahan, serta budayawan dan seniman dari berbagai kalangan.

Berbagai macam tumpeng serta karangan bunga ucapan selamat HUT Kota Malang ke 109 mengelilingi Alun-Alun Tugu dan Balai Kota Malang.

Lantunan doa dari Ki Soleh dan Ki Suroso terasa sakral dengan adanya iringan musik teatrikal dari Panji Laras Svara. Adapun doa-doa yang dikumandangkan untuk warga Malang Raya, pemerintahnya, sesepuh yang sudah mendahului, serta umbul dungo luhur di khususkan kepada Mbah Yongki irawan.

Sosok Mbah Yongki yang mendedikasikan dirinya bergerak di jalan budaya menjadi energi dan vibrasi yang baik bagi para budayawan dan seniman yang lain, kepedulian terhadap sesama menyentuh hati orang-orang yang mengenalnya, pantas saja jika kepergiannya banyak yang merasa kehilangan ungkap Sam WES selaku panitia penyelenggara.

Dalam sambutan Sutiaji juga menyampaikan bahwa kebudayaan adalah salah satu jembatan kerukunan serta pemersatu. Harapannya semoga kemajuan kebudayaan di kota Malang semakin kuat dan kokoh. (Nova)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *