Connect with us

Kabar

Hasto: Jangan Sampai Indonesia Kembali ke Masa Sebelum Sumpah Pemuda 1928

Published

on

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto–foto gatra

PDI Perjuangan akan menggelar perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-46 yang akan dilaksanakan di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 10-11 Januari mendatang.

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan tema acara HUT dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) itu adalah ‘Persatuan Indonesia Membumikan Pancasila’. Tema itu merefleksikan Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah geografis yang terbentang diantara dua benua dan dua samudera. Dan semuanya menjadi satu karena Pancasila yang dibumikan.

Kontekstualisasi tema itu jelang Pemilu 2019 adalah bahwa makna pemilu jangan dipersempit dan menurunkan peradaban bangsa. Kata Hasto, jangan sampai Indonesia kembali pada masa sebelum Sumpah Pemuda 1928, dimana bahasa dan wilayahnya masih terpisah-pisah.

“Indonesia satu rasa jiwa senasib sepenanggungan yang ingin berperan besar di dalam peradaban dunia ini,” kata Hasto.

Jumpa pers jelang peringatan HUT PDI Perjuangan ke 46 di Jakarta–foto tirto id

Di acara itu, kata dia, nantinya akan mengundang pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma’ruf Amin. “Ya diundang, Pak Jokowi, Kiai Ma’ruf, diundang,” imbuh Hasto.

Menurut Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Utut Adianto, perayaan HUT itu akan dihadiri oleh jumlah peserta hingga lebih dari 12 ribu orang dari seluruh Indonesia.

Peserta itu akan datang dari pengurus partai dan kader PDI Perjuangan seluruh Indonesia. Rinciannya adalah 8240 orang dari struktur pusat partai, pengurus tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan anak cabang setingkat kecamatan. “Sebanyak 514 pengurus DPC setingkat Kabupaten/Kota dan 6569 PAC setingkat kecamatan,” kata Utut Adianto.

Kemudian anggota DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, bersama calon anggota legislatif 2019 dengan total 3849. Peserta dari struktur eksekutif, yakni kepala daerah dan wakilnya, sebanyak 188 orang. Lalu ditambah lagi dengan perwakilan organisasi sayap partai hingga pengurus partai di luar negeri.

“Totalnya 12.341 orang. HUT dan Rakornas ini akan dilaksanakan di JI Expo Kemayoran, akan dimulai Kamis Jam 10 pagi dan diharapkan selesai sebelum Jumatan esok harinya,” kata Utut.

Dalam acara konferensi pers itu, hadir juga sekjen PDIP Periode 2010-2015 Tjahjo Kumolo serta Ketua Bappilu PDIP Bambang DH.***/ebn

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *