Connect with us

Kabar

Harga Produk Pertambangan Naik

Published

on

JAYAKARTA NEWS—Kementerian Perdagangan (Kemendag) merilis sampai akhir Agustus 2020 harga beberapa komoditas produk pertambangan menunjukkan tren yang positif di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan harga beberapa komoditas produk pertambangan mengalami kenaikan yang cukup signifikan akibat adanya permintaan dunia yang meningkat.

Kondisi ini memengaruhi penetapan harga patokan ekspor (HPE) produk pertambangan yang dikenakan bea keluar (BK) untuk periode September 2020. “Ketentuan ini ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 70 Tahun 2020, tanggal 27 Agustus 2020,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Didi Sumedi dalam rilisnya, kamis (03/09/2020) yang diterima Kominfo Jatim.

Menurut Didi, HPE produk pertambangan periode September 2020 mengalami fluktuasi di antaranya komoditas konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat pasir besi, konsentrat ilmenite dan bauksit yang telah dilakukan pencucian mengalami kenaikan dibandingkan periode bulan lalu. Harga beberapa komoditas produk pertambangan sudah mulai mengalami kenaikan  dikarenakan adanya permintaan dunia yang meningkat. 

Sementara itu, komoditas konsentrat mangan mengalami penurunan harga dikarenakan adanya kelebihan supplai dan juga penurunan permintaan pasar di pabrik pemurnian mangan di Tiongkok. Selain itu, konsentrat rutil juga mengalami penurunan harga dikarenakan permintaan konsentrat rutil pada industri baja mengalami penurunan,” kata Didi Sumedi.

Sedangkan, sejumlah produk pertambangan yang dikenakan BK adalah konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat mangan, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat ilmenit, konsentrat rutil, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian.

Perhitungan harga dasar HPE untuk komoditas konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, konsentrat  mangan, konsentrat ilmenit, dan konsentrat  rutil  bersumber  dari Asian Metal dan Iron Ore Fine Australian. Sedangkan konsentrat tembaga, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat timbal, konsentrat seng, dan bauksit bersumber dari London Metal Exchange.(poedji)