Gubernur Khofifah Ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar Jelang HUT ke-77 Provinsi Jatim

 Gubernur Khofifah  Ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar Jelang HUT ke-77 Provinsi Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan ziarah ke makam presiden pertama Republik Indonesia Soekarno di Kota Blitar, Sabtu (8/10/2022)/foto: istimewa

BLITAR, JAYAKARTA NEWS– Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan ziarah kebangsaan ke makam presiden pertama Republik Indonesia Soekarno di Kota Blitar, sekaligus napak tilas perjuangan Bung Karno (sapaan akrab Soekarno) dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-77 Provinsi Jatim, Sabtu (8/10).

Sebelumnya, Khofifah juga berziarah ke makam Gubernur Jatim pertama (1945-1948) RMT Ario Soerjo di Kabupaten Magetan dan Gubernur Jatim (1967 – 1976) Raden Panji Haji Mohammad Noer di Kampung Morkompah, Kabupaten Sampang, Madura.

“Ziarah ke makam Bung Karno, lebih dari sekadar tradisi saat HUT Jatim, tapi sebagai bagian dari upaya untuk terus menggali dan melestarikan sejarah bangsa Indonesia. Termasuk menghargai dan menghormati jasa para pahlawan dan pendiri bangsa Indonesia, serta meneladani pengorbanan dan perjuangannya,” kata Khofifah di depan bangunan makam bernama ‘Astana Mulyo’ tersebut.

Dalam ziarah itu, Gubernur Khofifah melakukan tabur bunga dan mendoakan semoga jasa-jasa perjuangan Bung Karno bagi Bangsa Indonesia menjadi amal ibadah serta ditempatkan pada posisi mulya di sisi Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

Khofifah menyebut, Bung Karno memberikan pesan berharga pada generasi penerus bangsa yaitu ‘Jas Merah’ atau Jangan Melupakan Sejarah atas seluruh perjuangan para pahlawan dan pejuang bangsa.

“Saat ini kita bisa berada di sini adalah hasil proses panjang dan pengorbanan dari seluruh para pahlawan dan pejuang bangsa. Oleh karena itu, tugas kita sebagai warga bangsa saat ini yakni meneruskan segala cita-cita dari para pendiri bangsa dengan kerja keras dan pengorbanan untuk kemajuan masyarakat , bangsa dan negara ,” ujarnya.

Khofifah mengatakan, bahwa kita semua banyak belajar dari para pendiri bangsa. Bukan hanya tentang politik kebangsaan , tapi juga idealisme, patriotisme, dan nasionalisme sebagai bangsa Indonesia.

Berkaitan dengan HUT Jatim ke-77, Khofifah menginginkan semangat perjuangan Bung Karno bisa turut berseiring dengan rasa optimisme seluruh masyarakat Jatim yang tengah berupaya bangkit pasca dihantam pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

“InsyaAllah ziarah ini menjadi energi positif bagi kebangkitan yang lebih kuat bagi Jawa Timur,” imbuhnya.

Khofifah berharap buah pemikiran dan tindakan Bung Karno bisa terus diteladani dan diimpelementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Termasuk semangat untuk mempersatukan seluruh rakyat Indonesia ditengah kemajemukan suku, agama, dan ras.

“Perbedaan tidak boleh melahirkan perpecahan. Melainkan perbedaan menjadi satu kesatuan dalam konsep persaudaraan, persatuan dan kesatuan,” pungkasnya. (poedji)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.