Gotong Royong Sambut Ramadhan

 Gotong Royong Sambut Ramadhan
Suasana kerja bakti di Masjid Al-Husna, di Jalan Pangrango I, RT. 08/04, Jatibening Baru, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. (Foto: Nanang S)

JAYAKARTA NEWS – Bagi umat Islam, Ramadhan adalah bulan paling dinanti-nanti kehadirannya. Ramadhan adalah bulan istimewa. Tak heran jika ia disebut bulan seribu bulan, karena segala ibadah dan perbuatan baik dilipatgandakan pahalanya. Ia dinamakan bulan suci, karena memiliki banyak ampunan. Satu-satunya bulan pemilik malam lailatul qadar yang memiliki banyak keutamaan.

Tak heran jika bulan istimewa itu disambut dengan suka-cita di seluruh penjuru negeri. Tak terkecuali masyarakat Kampung Kemang, Jatibening Baru, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi. Jelang Ramadhan 1440 H, tepatnya hari Minggu 5 Mei 2019, mereka bergotong royong melakukan kerja bakti membersihkan masjid dan lingkungan.

Para Remaja Karang Taruna terlibat langsung mengangkut puing-puing untuk mengurug jalan yang rusak di Jalan Pangrango I. (foto: nanang S.)

Kegiatan dipusatkan di masjid Al-Husna, Jalan Pangrango Satu. Tampak di antara mereka, Ketua RT Irmus Idrus, Ketua Karang Taruna, Ahmad Zamroni atau Bang Ricard, serta sejumlah warga dan Remaja Karang Taruna RT 08/04, Kelurahan Jatibening Baru. Pagi pukul 07.30 aktivitas itu dimulai, dan baru berakhir setelah dhuhur, sekitar pukul 13.00 WIB.

Pagi hingga siang itu, tampak warga begitu bersemangat membersihkan masjid. Ada yang menyapu, mengepel lantai, mencuci karpet, membersihkan kamar mandi, dan tempat wudhu. Sejumlah anak muda yang paham elektronika, tampak mengutak-atik sound-system dan kipas angin. Tidak hanya di area masjid, kegiatan bersih-bersih juga dilakukan di luar area masjid, termasuk memperbaiki jalan lingkungan dan area makam.

Memang, tidak semua warga turut serta. Ada yang harus keluar rumah karena satu alasan. Ada yang memang tidak mampu secara fisik. Akan tetapi, tanpa dikomando, warga yang tidak ikut serta, tak mau melewatkan moment bahagia menyambut Ramadhan. Mereka spontan mengirim makanan dan minuman. Bahkan ada yang memberi sumbangan uang. “Maaf saya tidak bisa ikut kerja bakti karena ada urusan. Ini sekadar buat beli kopi dan rokok teman-teman,” ujar seorang warga sambil menyodorkan dua lembar uang kertas warna merah.

Usai melaksanakan kerja bakti, rasa laparpun tidak bisa dibendung, dengan beralaskan daun pisang, mereka makan di area teras masjid dengan suasana kekeluargaan. (Foto: nanang S.)

Suasana bahu-membahu dan gotong royong pagi hingga siang itu sungguh menjadi pemandangan yang sangat menyenangkan. Terlebih antusiasme remaja yang tergabung dalam Karang Taruna. Terlebih, hampir semua yang terlibat, melakukannya dengan suka rela serta dengan kesadaran “ibadah”. Terlebih, acara seperti itu rutin jelang Ramadhan setiap tahunnya.

Rutinitas lainnya adalah aktivitas bersih-bersih masjid setiap hari Jumat. Harapannya, umat Islam menjadi lebih nyaman saat beribadah shalat Jumat. Itu artinya, kegiatan gotong royong memang sudah mentradisi di lingkungan Jatibening Baru. (Nanang S)

Sejumlah makam yang terletak di area masjid Al-Husna, tidak terlepas dari incaran warga untuk ikut dibersihkan. (Foto : Nanang S)
Sampah-sampah yang terkumpul kemudian dibakar di tempat pembuangan sampah. (Foto: Nanang S)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *