Gitaris Rock Eddie van Halen Wafat

 Gitaris Rock Eddie van Halen Wafat

Foto:Kompas.com

JAYAKARTA NEWS—- Dunia musik rock telah kehilangan Dewa Gitarnya. Edward Lodewijk van Halen alias Eddie van Halen, 65 tahun, telah wafat karena penyakit kanker mulut di St Monica, Amerika. Musikus berdarah Indonesia itu berjuang melawan kanker selama 10 tahun dan dalam tiga hari terakhir, kondisinya merosot tajam.

Putranya, Wolf van Halen di akun Twitternya mengumumkan kematian ayahnya tercinta. “Dia ayah terbaik. Saya selalu bersamanya setiap waktu di atas panggung. Dan di luar panggung, ini hadiah buat saya,” kata Wolf. “Saya sedih ditinggal ayah. I love you, ayah,” imbuhnya.

Almarhum Eddie van Halen saat wafat didampingi isterinya, Yanie dan kakaknya, Alex. Eddie van Halen dilahirkan di Amsterdam, Belanda tanggal 26 Januari 1955. Ayahnya, Jan van Halen, musikus asal Belanda dan menikahi ibu Eddie van Halen bernama Eugenia van Beers dari Rangkasbitung saat penjajahan Belanda. Ayah Eddie seorang imigran dari Belanda yang hengkang ke Amerika saat usia Eddie 7 tahun.

Eddie mengatakan, hanya mengantungi US $50 dan piano. Kehidupan Eddie benar-benar dimulai dari bawah. Saat sekolah di Amerika pun, Eddie kerap mengalami diskriminasi, dia dikatakan peranakan Eropa-Asia dan berdarah Indonesia. Kemudian sedikit demi sedikit, kehidupan Eddie mulai berubah saat dia bermain musik di kafe dan perhelatan perkawinan.

Tahun 1972 di Pasadena, California, Eddie van Halen membentuk band Van Halen dan telah merekam sebanyak 12 album. ‘Different Kind of Truth’ adalah albumnya yang terakhir. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *