Connect with us

Kabar

“Gawe” Besar Selesai, Pemerintah Tindaklanjuti Hasil KTT G20 Secara Detail

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Pemerintah telah berhasil menjalankan amanat presidensi G20 yang ditutup dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang digelar di Bali pada 15-16 November 2022 lalu. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan, pemerintah akan menindaklanjuti kesepakatan yang dicapai pada gelaran tersebut secara detail.

Hal tersebut sampaikan Menlu dalam keterangan pers bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pelaksanaan KTT G20 yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/11/2022) siang.

Gawe besarnya selesai tetapi kita perlu tindaklanjuti secara detail, termasuk kerja sama-kerja sama yang sifatnya dalam konteks pemulihan ekonomi global yang inklusif dan dari Indonesia untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan,” ujar Menlu.

Retno mengungkapkan, setiap selesai menyelenggarakan perhelatan, Presiden Jokowi selalu meminta jajarannya untuk menindaklanjuti hasil dari gelaran tersebut.

“Ini betul-betul gaya Bapak Presiden bahwa setelah semua perhelatan selesai, maka selalu kami-kami ditagih dengan tindak lanjutnya,” ujarnya.

Untuk mengawal tindaklanjut tersebut, imbuh Menlu, Presiden telah menunjuk penanggungjawab baik untuk investasi, politik, maupun noninvestasi dan nonpolitik atau kerja sama yang sifatnya lebih luas.

“Bapak Presiden mengatakan bahwa khusus untuk investasi nanti yang akan mem-follow up, yang menjadi contact person utamanya adalah Pak Menkomar [Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi], kemudian untuk urusan yang politik adalah Menteri Luar Negeri, di luar politik dan investasi adalah Pak Menko Ekonomi. Tentunya, sekali lagi seperti pada saat kita melakukan gawe G20, ini akan menjadi kerja keroyokan bareng-bareng untuk menindaklanjuti,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Retno juga menyinggung keberhasilan Presidensi G20 Indonesia untuk mengesahkan kesepakatan para pemimpin G20 yang tertuang dalam G20 Bali Leader’s Declaration. Retno menilai, capaian tersebut merupakan bukti kepercayaan dunia terhadap Indonesia.

“Di situ pula kita menunjukkan kepemimpinan kita bahwa di tengah perbedaan yang tidak saja tajam tetapi juga lebar dan dalam kita dapat menjembatani perbedaan-perbedaan ini, sehingga perbedaan masih ada, tetapi kita dapat mengumpulkan komitmen kerja sama dari negara-negara G20 yang tertuang di dalam deklarasi yang 52 paragraf tersebut,” tandasnya.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *