Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Garuda dan Sriwijaya Kerjasama Codeshare

Published

on

Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Group menandatangani nota kesepahaman Codeshare antara Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Air Group dalam rangka memperkuat kerjasama network khususnya di wilayah domestik. Nota kesepahaman ditandatangani Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury, Direktur Utama NAM Air Jefferson Jauwena, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo, dan Direktur Utama Sriwijawa Group, Chandra Lie, di Cengkareng, Rabu (16/5/2018).

GARUDA Indonesia Group dan Sriwijaya Group menjalin kerjasama komersial codeshare guna memperkuat kerjasama network khususnya di wilayah domestik. Harapan lain, dengan sinergi kedua grup penerbangan ini, akan tercipta pengembangan market share serta meningkatkan profitability.

Dengan kerjasama, Garuda Indonesia Group (Garuda Indonesia dan Citilink) dan Sriwijaya Group (Sriwijaya dan NAM Air) dapat mengembangkan layanan masing-masing dengan memberikan lebih banyak pilihan penerbangan kepada pelanggan. Perjanjian kerjasama codeshare ini adalah yang pertama bagi Garuda Indonesia Group – Sriwijaya Group, dan sebagai langkah awal bagi kedua induk perusahaan untuk melakukan kerjasama yang lebih strategis di bidang lainnya ke depan.

Dalam tahap awal, kerjasama dilaksanakan melalui dua skema kerjasama saling menguntungkan yaitu Skema Perjanjian Special Prorate Agreement (SPA) dan Codeshare Agreement. Ke depan pembukaan rute-rute pada agreement tersebut akan dibagi dalam beberapa fase.

Penandatanganan Naskah Kerjasama Codeshare antara Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Air Group, di Cengkareng, 16 Mei 2018. Foto: Ist

Adapun detail kerjasama ini ialah sebagai berikut:

Kerjasama Codeshare/SPA di rute-rute yang hanya diterbangi oleh salah satu maskapai (Garuda  Indonesia sebagai maskapai yang mengoperasikan atau Sriwijaya sebagai maskapai mengoperasikan).  Contoh : 1) Jogjakarta – Palembang (dioperasikan oleh Sriwijaya, dan dipasarkan oleh Garuda Indonesia atau sebaliknya) .

Kerjasama Codeshare dengan mengkombinasikan penerbangan yang dimiliki kedua maskapai. Contoh 1) Rute Jakarta – Sampit via Semarang: Jakarta – Semarang (dioperasikan oleh Garuda), Semarang – Sampit (dioperasikan oleh Sriwijaya), 2) Rute Jakarta – Alor via Kupang : Jakarta – Kupang (dioperasikan oleh Garuda), Kupang – Alor (dioperasikan oleh Sriwijaya).

Melalui kerjasama tersebut, Garuda Indonesia/Citilink akan menempatkan nomor penerbangan (flight number) pada penerbangan yang dikerjasamakan (codeshare) dengan Sriwijaya/NAM Air dan sebaliknya Sriwijaya/NAM Air juga akan menempatkan nomor penerbangnya (flight number) pada penerbangan yang dikerjasamakan dengan Garuda Indonesia/Citilink.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury menyambut baik kerjasama codeshare dengan Sriwijaya Group ini. Menurutnya kerjasama ini akan semakin memperluas jaringan penerbangan Garuda Indonesia dan memperbanyak destinasi baru khususnya di domestik.

Pahala menambahkan, “Kerjasama ini selain memperkuat network kedua maskapai juga akan meningkatkan market share, mengingat masih banyak kota yang memiliki pertumbuhan penumpang potensial namun belum dijangkau penerbangan Garuda Indonesia. Untuk itu melalui kerjasama dengan Sriwijaya Group diharapkan dapat lebih meningkatkan profitability kami.”

Sementara itu, Direktur Utama Sriwijawa Group, Chandra Lie menyampaikan, kerjasama ini menjadi suatu catatan sejarah dalam dunia jasa penerbangan di Indonesia, karena ada dua kekuatan maskapai besar yang bersinergi untuk membangun negeri. ”Komitmen kerjasama dalam pelayanan ini diharapkan akan membawa kontribusi positif buat kemajuan transportasi udara di Indonesia dan mengedepankan kepentingan pelanggan dalam melakukan perjalanannya dari Sabang hingga Merauke.” ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *