Ganjar-Airlangga Hartarto Unggul di Lima Kantong Besar Pemilih

 Ganjar-Airlangga Hartarto Unggul di Lima Kantong Besar Pemilih

Ilustrasi distribusi kotak suara Pemilu/foto: dok tniad.mil.id

JAYAKARTA NEWS— Terdapat lima kantong besar pemilih. Yaitu kantong besar pemilih agama (Islam), kantong besar etnik (jawa), kantong besar wong cilik (pendidikan), Kantong besar wong cilik (pendapatan), dan kantong besar pemain medsos (facebook).

Berikut paparan hasil survei LSI (Lingkaran Survei Indonesia) Denny JA, Senin (10/10/2022).

Ganjar – AH unggul di kantong besar pemilih agama (Islam). Sebanyak 28,4% pemilih yang beragama Islam memilih Ganjar – AH. Sebanyak 24,5% pemilih yang beragama Islam memilih Prabowo – Puan. Sebanyak 23,7% pemilih yang beragama Islam memilih Anies – AHY.

Di Pemilih agama Non-Islam, sebanyak 43,9% memilih Ganjar – AH, sebanyak 18,3% memilih Prabowo – Puan, sebanyak 14,6% memilih Anies – AHY

Ganjar – AH juga unggul di kantong besar etnik (Jawa). Sebanyak 45% pemilih yang ber-etnik Jawa memilih Ganjar – AH. Sebanyak 16,1% pemilih yang ber-etnik Jawa memilih Prabowo – Puan. Sebanyak 11,9% pemilih yang ber-etnik Jawa Anies – AHY.

Di kantong besar wong cilik (pendidikan), Ganjar – AH juga unggul. Sebanyak 30,2% pemilih yang tamat SD ke bawah memilih Ganjar – AH. Sebanyak 26,3% pemilih yang tamat SD kebawah memilih Prabowo – Puan. Sebanyak 16,2%  pemilih yang tamat SD kebawah memilih Anies – AHY.

Pemilih yang tamat SMP ke bawah sebanyak 36,0% memilih Ganjar – AH, sebanyak 19,4% memilih Prabowo – Puan, dan sebanyak 20,6% memilih Anies – AHY.

Di kantong besar pemilih wong cilik (pendapatan),  keunggulan masih didapat Ganjar – AH. Sebanyak 29,9% pemilih dengan pendapatan di bawah dua juta rupiah perbulan memilih Ganjar – AH. Sebanyak 25,1% memilih Prabowo – Puan, dan sebanyak 17,6% memilih Anies – AHY.

Ganjar – AH juga unggul di kantong besar pemain medsos (Facebook). Sebanyak 34,4% pemilih yang mempunyai medsos (facebook) memilih Ganjar – Anies.

Seberapa Mungkin Terbentuknya Pasangan Ganjar- AH?

Prospek Ganjar –AH, bisa di teropong melalui skenario koalisi resmi PDIP dan KIB.  

Secara resmi PDIP dan KIB menyatukan diri berkoalisi. Capres dari PDIP yaitu Ganjar. Cawapres dari KIB yaitu AH.

Skenario Ganjar – AH bagi PDIP lebih baik dIbandingkan  Prabowo – Puan, karena dua hal.

Pertama, elektabilitas Ganjar – AH lebih tinggi dibanding Prabowo – Puan.

Kedua, pada Ganjar – AH, posisi Ganjar sebagai Capres PDIP.  Sedangkan Prabowo – Puan, posisi Puan hanya Wapres PDIP.

Efek ke PDIP di Pileg 2024 lebih tinggi jika calon PDIP menjadi Capres dibandingkan hanya menjadi Cawapres. (din)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.