Gadis 9 Tahun Ini Mendadak Jadi Miliader

 Gadis 9 Tahun Ini Mendadak Jadi Miliader
Maryam Amjoun sukses mengungguli 16 peserta lainnya yang usianya lebih tua (dibawah 18 tahun) dari seluruh penjuru dunia Arab dan memenangi hadiah terbaik untuk Arab Reading Challenge. (WAM)

MILIADER! Ya, mendadak jadi meliader!  Usianya pun baru 9 tahun.

Namanya Maryam Amjoun. Dia seorang  gadis Maroko. Perjuangannya tidak sia-sia. Pada  hari Selasa, ia  memenangkan hadiah $ 136.000 (Rp 2,04 miliar dengan kurs Rp 15.000 per dolar AS) dalam kompetisi membaca berbahasa Arab yang diselenggarakan oleh pemerintah Dubai.

Maryam  menyingkirkan  16 finalis lainnya yang berusia di bawah 18 tahun dari seluruh dunia Arab untuk mendapatkan hadiah utama dalam Arab Reading Challenge untuk tahun yang ketiga ini.

Dia adalah anak yang termuda dari lima finalis dan dinobatkan pada upacara penghargaan yang diadakan di Gedung Opera Dubai dimana penghargaannya diserahkan  oleh  Sheikh Mohammad Bin Rashid Al-Maktoum, Wakil Presiden/Perdana Menteri UAE  dan Penguasa Dubai.

Ketika pemenang diumumkan, Amjoun menangis bahagia, mendorong penguasa Dubai untuk menyeka air matanya dengan ghutra-nya, dalam adegan yang sangat emosional.

“Saya berharap menang, karena saya siap menghadapi tantangan ini dengan sangat baik. Sejak 2017, saya telah membaca buku, merangkumnya, dan mencoba memahami isinya. Saya tahu saya akan menjadi juara, ” kata Maryam setelah dia dianugerahi hadiah.

Hadiah uang dari penghargaan akan diberikan untuk pendidikan universitasnya dan kepada keluarganya untuk mendorongnya membaca.

“Membaca dapat membantu memerangi kemiskinan dan ketidaktahuan. Itu seperti rumah sakit bagi pikiran, ” katanya, yang disambut  sorak penonton.

Semua lima finalis memiliki 60 detik untuk menjawab satu pertanyaan oleh panel juri. Penonton kemudian diminta untuk mengambil bagian dalam jajak pendapat instan, memilih Amjoun sebagai pemenang pertama kompetisi.

Penyelenggara mengatakan bahwa inisiatif literasi tahun ini – di mana pesaing harus membaca setidaknya 50 buku untuk memenuhi syarat – melihat “10,5 juta siswa dari wilayah Arab dan di seluruh dunia” ambil bagian, oleh karena itu lebih dari 250 juta buku secara kolektif dibaca oleh peserta selama kompetisi ini.

Sekolah Al-Ikhlas, di Kuwait, memenangkan hadiah $ 270.000 untuk inisiatif membaca terbaik bagi siswa.
Aisha Al-Tuwairqi, dari Arab Saudi, memenangkan gelar Pembaca Luar Biasa dan membawa pulang $ 82.000, sementara Tasneem Eidi, dari Perancis, diakui untuk upaya membaca di negara-negara non-Arab dan memenangkan $ 27.000.

Tahun lalu, siswa SMA berusia 17 tahun Afaf Raed Sharif memenangkan hadiah pertama.
Program ini diluncurkan pada tahun 2015 oleh Sheikh Mohammad,  bertujuan untuk memicu kebangkitan budaya dengan mendorong semua siswa di seluruh Dunia Arab untuk membaca, serta siswa Arab di negara-negara asing dan penutur bahasa Arab bilingual.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *