Connect with us

Kabar

Gabung Label Internasional BMG: Speaker First Kini Mendunia

Published

on

Personel grup musik Speaker First; vokalis Mahattir Alkatiry diapit duo gitaris kembar, Bony Barnady dan Beni Barnady.

Jayakarta News – Sudah sampai 17 tahun mampu untuk bertahan, dan kini Speaker First jadi artis musisi asal Asia yang pertama kalinya diajak bergabung dengan label rekaman internasional BMG.

Akhir Mei lalu, grup rock asal Bandung ini resmi bernaung di BMG. Setelah melalui proses panjang, band yang dibentuk sejak 2002 menandatangani kontrak bersama Thomas Scherer selaku Executive Vice President Repertoire & Marketing Los Angeles, dan Marian Alexander Wolf sebagai Vice President Head of Global Writer Service at BMG.

Kini terbukti karya musik Speaker First dihargai otentisitas dan orisinalitasnya, bukan karena tren tontonan gratisan yang dibayar karena dukungan sponsor, karena segala macam diluar sana (semisal Inggris, Amerika Serikat dan Jerman) artis dihargai antara lain dengan pembelian harga tiket mahal oleh setiap masyarakat penggemarnya.

Bensinnya adalah musik, entah bagaimana maksudnya, tetapi Speaker First yakni kelompok musik bergenre rock n roll bentukan 2002 mulai ngegas lagi tahun 2016 guna kepastian misi besarnya yang harus sepenuhnya dijalankan.

“Apa yang membuat kita tetap berjalan adalah passion, karena kecintaan terhadap musik. Gigih. Kukuh. Kalau kami bermusik cuma ngejar materi, kalau tidak berhasil ya selesai, cari kerja lain. Kuncinya kalau tidak ada passion, ya sudah ditinggalin dari dulu-dulu,” diakui gitaris Speaker First, Beni Barnady.

“Kita rock n roll bukan berarti tidak dengerin musik pop, karena harus memahami tren juga sebagai bahan referensi berkarya, seperti The Rolling Stones masa 1970-an apa perubahannya di tahun 1980-an dan seterusnya, karena mereka mau beradaptasi bisa long lasting,” papar Beni.

Spirit menyala Speaker First dimulai dari Woodstock Festival dua tahun lalu di Polandia, dan berlanjut di Liverpool Sound City Festival 2018 serta Musexpo 2018 di Los Angeles, Amerika Serikat. Buah hasilnya kini Speaker First telah resmi dalam kesepakatan kontrak bisnis dan jadi bagian dari label internasional BMG.

Maka bulan ini mereka mulai wajib merampungkan karya musik terbaru, dan itu sudah berjalan lewat tahapan enam lagu. Speaker First (Beni Barnady, Bony Barnady, Mahattir Alkatiry) mulai dikenal luas bukan cuma di Bandung sejak merilis solo album Whatever You Say lewat label Sony Music Indonesia. Mereka pun ikut mengisi OST film drama Gie.

Mereka kian bulat meyakini bahwa artis musisi atau apapun, marwahnya ya berkarya, karena itu yang bisa disombongkan dan jangan pernah berhenti. Seperti konsep musik Speaker First yang berciri bunyian bright yang distingtif. “Tetapi tetap bagaimana lagunya dengan keyakinan punya kekuatan corak sendiri,” tegas Beni, melanjutkan obrolannya.

“Saya berdua gitaran sama si Bony, ya pembagiannya harus mengisi posisi dalam bauran mix yang harus berbeda, supaya tidak menumpuk. Yang penting, kami menolak bunyian standar karena membosankan. Pengen kasih warna sendiri seperti Slash, Brian May yang karakteristik karena quest for tone (pencarian nadanya) berproses yang pastinya harus melewati itu,” ungkap lanjut Beni. (john js)

Vokalis Mahattir Alkatiry diapit duo gitaris kembar, Bony Barnady dan Beni Barnady.
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *