Connect with us

Kabar

FPK Pasuruan Kupas Makna Ubarampe dan Tata Cara Temu Manten

Published

on

FPK Pasuruan menggelar Sarasehan Budaya, Minggu (13/8/2024)/foto: istimewa

PASURUAN, JAYAKARTA NEWS— Dalam rangka Bhakti Budaya, Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Pasuruan menggelar Sarasehan Budaya di Rumah Makan Makoya Pandaan, Minggu 13 Agustus 2023.

Puluhan perias manten dan Pranatacara sangat antusias sarasehan budaya dengan pembicara tunggal Ki Maryani budayawan dari Blitar.

Berbagai pernak-pernik Ubarampe dan tata cara Panggih Manten dikupas tuntas oleh budayawan yang juga pengurus FPK Jawa Timur. Di antaranya makna tentang tumbuh-tumbuhan, filosofi prosesi manten hingga permasalahan orang yang benar-benar layak menjadi “paes manten”.

Budayawan, Ki Maryani /foto: istimewa

“Banyak yang belum memahami apa makna dan filosofi Ubarampe yang ada dalam sebuah prosesi Panggih Manten” ujar pencetus kesenian Mandor Jentrung ini.

Bedjo Santoso salah satu MC dari Gempol mengaku puas dan wawasannya semakin luas ketika usai mengikuti acara yang didukung Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan (DKKP) Lukas Cahyabuana.

“Terimakasih kepada teman-teman DKKP dan FPK yang sudah memberi edukasi tentang budaya kepada para Panatacara Pasuruan” tutur perajin kendang ini.

Hadir juga ketua FPK Jatim Ki Bagong Sabdo Sinukarto yang sekaligus menyerahkan Piagam Penghargaan kepada pembicara dan peserta sarasehan.***Dian

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *