Connect with us

Entertainment

Festival Tari ‘Semarak Budaya Indonesia 2023’ Ditutup dengan Flashmob Penampil dan Penonton

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Semarak Budaya Indonesia  (SBI) 2023 sebagai agenda tahunan Kota Surakarta kembali digelar untuk yang kesepuluh kalinya di Balaikota Surakarta. Acara pada hari pertama telah digelar pada Jumat (26/05/2023) malam dan dilanjutkan pada Sabtu (27/05/2023) malam. SBI 2023 ditujukan bagi masyarakat umum serta dapat disaksikan secara gratis mulai pukul 19.30 WIB. Festival tari ini juga akan disiarkan ulang melalui kanal YouTube SEMARAK BUDAYA INDONESIA. 

Semarak Budaya Indonesia (SBI) 2023 diselenggarakan oleh Pemuda Indonesia Kreatif dan Semarak Candrakirana Art Center. Acara juga didukung oleh Pemerintah Kota Surakarta, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, serta Djarum Foundation. Pada tahun ini, tajuk “Satu Dasawarsa Gerak Bersama” dipilih sebagai simbol tahun kesepuluh diselenggarakannya acara.

Sanggar-sanggar dan komunitas tari dari kota-kota besar di Indonesia ikut memeriahkan acara pada hari kedua, diantaranya Sanggar Hangsun Gandrung – Surakarta, Sanggar Pradnya Swari – Bali, Loka Budaya Bimala Chahna – Malang, Sanggar Seni Balanga Tingang – Kalimantan Tengah, Perempuan Xpresif – Bangkalan, Madura, dan Semarak Candrakirana Art Center – Solo.

Penampilan meriah disuguhkan Sanggar Seni Balanga Tingang dengan “Tari Penyang Hinje Simpei” sebagai interpretasi kekuatan-kekuatan yang ada dan berbeda membentuk simpul yang kuat sehingga membentuk jiwa yang membangunkan rasa semangat persatuan dan kesatuan untuk kemajuan bersama. 

Semarak Budaya Indonesia 2023/foto: dok.panitia

Acara SBI 2023 hari kedua tidak kalah meriah dari hari pertama dengan ratusan penonton yang memenuhi pelataran Balaikota Surakarta. Penutupan festival tari ini diakhiri dengan penampilan dari Semarak Candrakirana Art Center, Solo dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada para penampil. Sertifikat diserahkan oleh Wakil Wali Kota Surakarta, Drs. Teguh Prakosa didampingi Dr. R. Agus Trihatmoko sebagai Wakil Rektor Universitas Surakarta, Nugroho Joko Prastowo selaku Kepala Bank Indonesia Surakarta, Ketua Komisi IV DPRD Surakarta oleh Janjang Sumaryono Aji, S.P., Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta, Aryo Widyandoko,  Ketua Festival, Apriza Rizaldi Na’im, S.H., dan R.Ay. Irawati Kusumorasri, M.Sn., selaku penasihat acara.

“Tidak lupa kami ucapkan bangga dan apresiasi pada seluruh masyarakat Surakarta yang ikut menyaksikan dengan tertib,” ungkap Wakil Wali Kota Surakarta, Drs. Teguh Prakosa dalam closing statement

Rangkaian acara berakhir dengan flashmob bersama seluruh penampil hari kedua dan penonton dipimpin oleh Semarak Candrakirana Art Center, Solo. Melalui dukungan dari Djarum Foundation, Kamar Dagang dan Industri Kota Surakarta, Batik Danar Hadi, Universitas Surakarta, Yoyic, serta LT Pro Professional Make Up dan sponsor lainnya, Semarak Budaya Indonesia (SBI) 2023 sukses digelar dengan meriah.***PR

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *