Festival Musik Rumah2018: Suka Rela dan Suka Cita

 Festival Musik Rumah2018: Suka Rela dan Suka Cita

‘Festival Musik Rumah 2018’ yang akan berlangsung di berbagai tempat di wilayah Indonesia bahkan sampai luar Indonesia pada tanggal  17-19 Agustus 2018. Mengangkat tema “Merayakan Kebhinekaan dan Merawat Kebersamaan”, festival ini akan melibatkan banyak musisi yang berdomilisi di berbagai belahan dunia.

Festival Musik Rumah adalah acara pertunjukan musik langsung (live music) dalam format konser rumah, bersifat partisipatif dan tidak untuk profit, berlangsung di beberapa rumah lintas daerah. Misi Festival Musik Rumah adalah mempererat persaudaraan dan kebersamaan anak Nusantara melalui musik.

Konser-konser rumah ini akan dimulai dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Ada jadwal konser yang bergantian, ada pula yang bersamaan. Bagi yang tidak bisa hadir langsung di rumah-rumah konser bisa memilih  menonton musisi yang sedang tampil di daerah mana secara online. Tayangan live musik ini juga akan disimpan dalam wall Facebook untuk kemudian bisa dinikmati kembali di lain hari. Semua pengisi acara tidak dibayar. Yang ikut suka rela dan suka cita.

Dalam konferensi pers yang berlangsung pada Rabu, 1 Agustus 2018 di Paviliun 28, Jakarta Selatan, hadir  Petrus Briyanto Adi / Adoy (Founder Festival Musik Rumah), Bonita (musisi), Nonaria (penampil Festival Musik Rumah),Endah N Rhesa (musisi dan tuan rumah Festival Musik Rumah), Liza Djaprie (Psikolog dan tuan rumah Festival Musik Rumah) dan Dzulfikri Putra Malawi (Moderator).

Pada kesempatan tersebut, Adoy selaku inisiator festival ini mengungkapkan, “Kita bisa melihat juga di tempat lain itu ada suasana dan kejutan seperti apa, misalnya di Karang Anyar ada satu keluarga, nama bandnya Sarigama. Mereka satu keluarga (bapak, ibu, dan empat orang anak) sang bapak main dan produsen gitar, main biola, anak-anaknya bikin lagu, mereka bikin instrumen Okarina dari biji mangga, lagu-lagunya original dan mereka akan perform di rumah mereka sendiri, lagunya tentang keindahan alam dan berbuat baik dengan sesama. Itu menurut saya contoh hidupnya musik dalam keluarga dan ternyata di Karang Anyar ada lho.”

Bagi musisi dan pelaku industri musik, Festival Musik Rumah juga telah menyiapkan sebuah situs yang dapat diakses untuk mendapatkan informasi lokasi di berbagai daerah yang dapat disinggahi untuk bermusik. “Kami suguhkan data tempat tersebut dengan contact person-nya. Ada rumah tinggal dan public space seperti cafe /restoran Nanti di situs ini juga ada informasi kapasitas berapa, terbuka umum atau tidak, preferensi musik yang diterima seperti apa,” pungkas Adoy

Beberapa musisi yang dipastikan akan tampil di Festival Musik Rumah diantaranya, Bonita & Adoy yang juga sebagai host acara, Jason Ranti, Jessla, Krosboi, Orkes Nunung Cs, Zoe Dayan, She Revalation, Sarigama, Nonaria, MarcoMarche, Junior Soemantri, Gabriel Mayo, Egi Virgiawan, Thesar , Ricad Hutapea dan masih banyak lagi.

Sementara untuk venue acara ada di beberapa tempat seperti Earhouse, Paviliun 28, RumahBonita, Warung Kebon dan masih banyak lagi. Ada perasaan yang saya rindukan, bahwa kita mengalami suatu konser tapi kita juga tahu di tempat yang lain, saudara-saudara kita juga melakukan hal yang sama dengan semangat yang sama, lanjut Adoy.

Dengan adanya event ini, dapat menjadi corong informasi yang bisa diserap pengamat dan wartawan musik untuk mencari talenta musik yang belum populer tapi memiliki kualitas musik yang keren dan patut diapresiasi. Barangkali, lain waktu dapat digelar di Rumah Rakyat alias Gedung DPR/MPR yang merupakan rumah kita semua?***

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *