Connect with us

Entertainment

Festival Film “Kawal Harta Negara”

Published

on

BADAN Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) bekerja sama dengan United States Agency for International Development (USAID)-CEGAH luncurkan Festival Film Kawal Harta Negara 2017. Peluncuran Festival Film yang berlangsung di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jakarta, beberapa waktu lalu, dibuka Ketua BPK, Harry Azhar Azis dan dihadiri Deputy Director USAID Office for Democracy, Rights, and Governance Kevin McGrath, para pejabat di lingkungan BPK dan USAID, serta peserta festival dari kalangan mahasiswa/pelajar dan umum.

Dalam kegiatan Peluncuran (launching) Festival Film Kawal Harta Negara 2017 juga diputar film pendek yang diilhami dari hasil pemeriksaan BPK. Acara launching dirangkai dengan berbagai acara seperti Talkshow dengan BPK (Sekretaris Jenderal BPK, Hendar Ristriawan), workshop film dengan sineas muda Ismail Basbeth, serta workshop mengenai pembuatan video Citizen Journalism bersama NET TV dengan narasumber Thomas Herda.

Festival Film Kawal Harta Negara berupaya mendorong partisipasi publik, khususnya pelajar, pembuat film, dan komunitas kreatif di Indonesia untuk mengirimkan film yang bercerita tentang produk, pencapaian, peran, dan fungsi BPK dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. “Kami mengharapkan, dari film-film yang dikreasikan oleh para filmmaker, nantinya akan meningkatkan kesadaran publik terhadap fungsi dan peran BPK,” papar Ketua BPK dalam sambutannya.

Kepala Biro Humas BPK Yudi Ramdan bersama sutradara Ismail Basbeth.

Pada Festival Film Kawal Harta Negara 2017, sejumlah kategori yang dikompetisikan antara lain film pendek fiksi, film pendek dokumenter, video citizen journalism, dan iklan layanan masyarakat (public service announcement/ PSA). Seluruh kategori ini terbuka untuk pelajar dan umum. Pengiriman karya peserta dimulai pada hari ini 14 Maret 2017 dan ditutup pada 7 Juli 2017. Para pemenang dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah dana produksi film.

Selain kompetisi film, Festival Film Kawal Harta Negara 2017 juga menggelar kompetisi ide cerita film dari kategori yang ada. Peserta yang terpilih akan mendapatkan apresiasi dalam bentuk dukungan produksi dan pendampingan proses produksi oleh praktisi perfilman, sekaligus diikutsertakan sebagai peserta Festival Film Kawal Harta Negara 2017.

Setelah Jakarta, Roadshow Festival Film Kawal Harta Negara 2017 akan digelar di empat kota lainnya, yaitu Magelang, Ternate, Medan, dan Malang. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, dapat diakses di: http://www.bpk.go.id/news/kompetisi-film-kawal-harta-negara. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *