Connect with us

Sosial Budaya

Festival Budaya di Kalimantan Timur yang Masuk KEN 2024

Published

on

Pesta Adat dan Budaya Lom Plai dari suku Dayak Wehea (Dok. Dispar Provinsi Kalimantan Timur)

JAYAKARTA NEWS – Kalimantan Timur, sebuah provinsi di Pulau Kalimantan yang namanya makin kesohor sejak wilayahnya dipilih menjadi lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 18 Januari 2022. Wilayah yang masuk dalam IKN Nusantara tersebut berlokasi di Penajam Paser Utara, atau berjarak sekitar 93 km dari Kota Balikpapan. 

Namun, pesona Kalimantan Timur tak hanya soal IKN, tapi budaya yang terus lestari hingga saat ini. Bentuk pelestarian budaya di Kalimantan Timur tersebut bisa dilihat dari banyaknya festival-festival budaya yang rutin digelar. Bahkan, ada tiga festival budaya dari Kalimantan Timur yang berhasil masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024

Dikutip dari Rilis Kemenparekraf, Sabtu (2/3/2024), diharapkan dengan masuknya festival-festival budaya Kalimantan Timur ke dalam KEN 2024, dapat mengenalkan budaya sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalimantan Timur. Bagi Sobat Parekraf yang ingin melihat keunikan budaya yang khas, berikut tiga festival budaya di Kalimantan Timur yang bisa disaksikan langsung:

Pesta Adat dan Budaya Lom Plai

Festival budaya di Kalimantan Timur yang pertama adalah Pesta Adat dan Budaya Lom Plai. Rangkaian festival budaya ini rencananya akan digelar mulai dari 18 Maret hingga 23 April 2024. Lom Plai merupakan ritual setelah panen padi yang dilakukan suku Dayak Wehea. Ritual ini digelar sebagai bentuk syukur masyarakat suku Dayak Wehea kepada Tuhan atas panen yang melimpah, kemakmuran, dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Pesta adat Lom Plai ini terdiri dari rangkaian acara yang cukup panjang. Dimulai dengan Ngesea Egung atau pemukulan gong oleh keturunan raja pada dini hari di rumah adat. Suara gong mengisyaratkan gotong royong masyarakat kampung dalam menggelar ritual sakral tersebut. Sedangkan puncak dari ritual dari Lom Plai adalah Embob Jengea atau pesta panen.

Foto: Aksi dari para penari dalam festival budaya Hudoq Pekayang (Shutterstock/fiki j bhayangkara)Foto: Aksi dari para penari dalam festival budaya Hudoq Pekayang (Shutterstock/fiki j bhayangkara)

Hudoq Pekayang 

Sebuah ritual yang rutin digelar di Kabupaten Mahakam Ulu, Hudoq Pekayang menjadi salah satu festival budaya yang menarik untuk ditunggu. Direncanakan akan digelar pada 20-22 Oktober 2024, Hudoq Pekayang digelar secara bergilir di kampung, dan tahun ini akan digelar di Kampung Long Isun.

Berbeda dengan Lom Plai, Hudoq Pekayang merupakan ritual yang digelar saat akan menanam padi atau menugal yang biasanya dilakukan masyarakat Dayak pada bulan September hingga Oktober setiap tahunnya.

Rangkaian event akan dimulai dengan Sak Baaq Hudoq, yakni memberi makan topeng Hudoq dan sang penari. Kemudian dilanjutkan dengan Tengaran HudoqNgenyah Hudoq (menari Hudoq), dan Ngarang Hudoq (menari panjang).

Balikpapan Fest

Satu lagi, festival budaya dari Kalimantan Timur yang berhasil masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024: Balikpapan Fest, yang akan digelar pada tanggal 26-29 September 2024. Sesuai namanya, festival ini berlangsung di Kota Balikpapan. Festival tahunan ini rutin digelar dalam menyambut Hari Pariwisata Dunia yang diperingati setiap 27 September.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Balikpapan Fest 2024 kembali menggabungkan unsur budaya, pariwisata, pendidikan, entertainmentsport tourism, dan pameran ekonomi kreatif. Mengangkat tema “Nusantara Creative 2024”, salah satu rangkaian event yang paling ditunggu adalah pagelaran Seni Budaya yang akan menampilkan berbagai pertunjukan seni tradisional dan mancanegara, baik musik, teater, orkestra, dan tari dari berbagai daerah dengan gaya kontemporer. 

Selain itu, ada hal menarik lainnya dalam gelaran Balikpapan Fest 2024 yang rencananya akan menggelar kompetisi barista dan eSport, guna menarik perhatian wisatawan-wisatawan milenial dan gen Z. Mengingat ngopi dan industri gim tumbuh dengan pesat sehingga diharapkan dapat menarik perhatian para generasi muda, khususnya Gen Z.

Itulah, tiga festival budaya dari Kalimantan Timur yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang bisa dijadikan pilihan aktivitas saat liburan ke Kalimantan Timur.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *