FEI Award 2022 Sebagai Pelopor Ketahanan Energi dan Transisi Energi RI

 FEI Award 2022 Sebagai Pelopor Ketahanan Energi dan Transisi Energi RI

FEI acara seminar Internasional smart city buat IKN (Istimewa)

JAYAKARTA NEWS – Dalam rangka memperingati Hari Nasional Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2022 serta ulang tahun ke-9, Forum Energizing Indonesia (FEI) Ikatan Alumni Departemen Teknik Gas Petro Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FEI ILUNI DTGPK FTUI) berhasil melaksanakan rangkaian kegiatan seminar internasional, kegiatan pendidikan dan sosial dengan tema besar ketahanan dan transisi energi dari perencanaan ke implementasi.

Forum Energizing Indonesia (FEI) beranggotakan masyarakat, professional, industri, praktisi, dan akademisi yang memiliki semangat dan perhatian untuk pengembangan energi berkelanjutan di Indonesia. Forum ini berdiri tahun 2013, digagas oleh alumni Departemen Teknik Gas Petrokimia dan Teknik Kimia Universitas Indonesia dengan dukungan seluruh mahasiswa dan staf pendidikan di Universitas Indonesia.

Selama 9 tahun, FEI telah menjembatani diskusi antara akademisi, para pemangku kepentingan (pemerintah dan swasta) dengan masyarakat dengan tujuan utama mempercepat penerapan energi terbarukan sesuai rencana jangka panjang bauran energi terbarukan Indonesia.

Prof. Dr. Heri Hermansyah selaku Dekan FTUI dalam sambutannya menyampaikan bahwa rangkaian acara besar dan kegiatan FEI bulan Oktober ini meliputi Webinar Percepatan Energi Terbarukan (6 Oktober 2022), Turnamen Golf dan Charity (22 Oktober 2022), Kegiatan Open House untuk Guru dan Siswa di Fakultas Teknik Universitas Indonesia (27 Oktober 2022), Seminar Internasional Pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam Rangka Komitmen NDC di Indonesia serta Launching Buku Pemikiran Berkelanjutan Teknokrat Energi Indonesia dan Malam Penghargaaan FEI Sustainable Development Goals (SDG) Award 2022 (28 Oktober 2022).

Puncak acara FEI Internasional Seminar 2022 kali ini diselenggarakan di Hotel Manhattan, Kuningan (Jakarta Selatan) dengan mengangkat tema pengembangan kota cerdas untuk Ibu Kota Nusantara (IKN). “Topik terkait IKN dipilih karena topiknya menarik, faktual dan strategis tidak hanya akan memerlukan pendanaan yang cukup besar dalam pelaksanaannya, namun desain dan perencanaan IKN harus matang,” kata Ir. Mauren Toruan selaku Ketua FEI dan Ketua Penyelenggara Acara FEI ini. 

Peluncuran Buku Pemikiran Berkelanjutan Teknokrat Energi Indonesia (Isitmewa)

Nara sumber yang hadir pada kesempatan ini adalah Prof. Dr. Ali Berawi selaku Deputy Bidang Transformasi Hijau dan Digital IKN dan Anang Latief sebagai Direktur Utama Bakti Kominfo Seminar internasional tentang pengembangan IKN mencakup bahasan aspek terkait 3D (Desain, Dekarbonisasi, dan Digitalisasi). Bahasan IKN ini menjadi sangat mendesak terutama sejalan dengan komitmen SDG Indonesia.

Perencanaan IKN diharapkan menjadi salah satu pionir dalam penerapan Smart City yang mampu mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kota sehari hari dengan tujuan mencapai efisiensi, memperbaiki pelayanan publik dan kesejahteraan warga. Bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara perlu menetapkan perencanaan tata ruang, infrastruktur serta penunjangnya sehingga IKN diharapkan mampu meenjadi ibu kota yang berkelanjutan, aman, modern, dan produktif serta menjadi simbol identitas bangsa Indonesia.

Pada malam harinya, sebagai penutup acara, Joko Siswanto selaku Sekjen Dewan Energi Nasional memaparkan rencana pemerintah Indonesia dalam bauran energi serta transisi energi.  Kemudian, pertunjukan seni SALMUNORY dari IKCC (Indonesia-Korea Community Club) digelar bersamaan dengan peluncuran buku sumbangsih pemikiran teknokrat dan penyerahan FEI SDG Award 2022. Untuk buku, terdapat sekitar 40 penulis yang berkontribusi, mulai dari peneliti, praktisi, dan asosiasi.

Malam Penghargaaan FEI SDG Award 2022

FEI SDG Award 2022 dibagi dalam 9 kategori untuk perusahaan/organisasi dan tokoh masyarakat yang berhasil melakukan inisatif, usaha, dan pengorbanan dalam mewujudkan target SDG di bidang energi, lingkungan serta sektor kegiatan masing-masing.

Proses seleksi FEI SDG Award dilakukan secara ketat melalui masukan 5 nominasi dari alumni Universitas Indonesia yang dilakukan penilaiannya oleh juri-juri yang kompeten mewakili bidang riset, perencanaan, dan praktisi. Penjurian FEI SDG Award 2022 ini dipimpin oleh Tri Mumpuni.(Dewan Pengarah BRIN), Selly Indrawati (Perencana Kawasan Industri Hijau), dan Erwin K. Awan (Praktisi Ekonomi Sirkular).

Pemenang & Nominasi FEI SDG Award 2022 (Istimewa)

Adapun pemenang FEI SDG Award 2022 adalah mutlak keputusan juri dengan daftar pemenang sebagai berikut:

Pemenang Kategori Green Government: Kementerian ESDM-EBTKE

Pemenang Kategori Sustainable Oil & Gas: Pertamina Group

Pemenang Kategori Sustainable Mining: Bukit Asam, TBK.

Pemenang Kategori Renewable Energy & Energy Conservation: Koperasi Energi Terbarukan Indonesia (KOPETINDO)

Pemenang Kategori Green Factory: Paragon Technology & Innovation

Pemenang Kategori Green Financing: Bank BTPN Syariah

Pemenang Kategori Green Forestry & Plantation: Pertamina Hulu Energi (PHE)

Pemenang Kategori Green Campus: Green School (Bali)

Pemenang Kategori Green Leader: Resa Boenard

Didit Ratam selaku ketua ILUNI UI berharap sekiranya acara FEI ini mampu menjadi platform diskusi antara para pemangku jabatan dan seluruh pihak yang terkait sebagai ajang pembelajaran, implementasi dan rekomendasi terhadap tantangan dalam mewujudkan kota cerdas IKN mendatang yang unggul.(Agus)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.