Facebook akan Konsetrasi Garap Bisnis Pesan ala WeChat

 Facebook akan Konsetrasi Garap Bisnis Pesan ala WeChat

CEO Facebook Mark Zuckerberg kini bersiap untuk membawa perusahaan media sosial yang dikelolanya itu ke arah baru dengan berfokus pada pesan. Langkah ini tampaknya ingin mengikuti raksasa teknologi Cina, Tencent, yang telah bertahun-tahun menekuninya  dengan aplikasi WeChat.

Zuckerberg menguraikan visinya bagaimana memberi orang  berkomunikasi secara pribadi, dengan menyatukan berbagai layanan Facebook, sehingga pengguna dapat saling menghubungi di semua aplikasi.

Kedengarannya apa yang dikembangkan Facebook sangat mirip dengan apa yang diberikan WeChat, yang posisinya telah  menjadi sangat penting untuk kehidupan sehari-hari di Cina.

WeChat, atau Weixin seperti yang dikenal dalam bahasa Cina, menggabungkan fungsi dan layanan yang di Barat dilakukan oleh sejumlah perusahaan terpisah. Mark punya Facebook dengan  Messenger-nya, juga ada WhatsApp dan layanan Instagram yang dikombinasikan dengan PayPal dan Uber.

WeChat, yang diluncurkan pada 2011, memiliki fitur obrolan yang biasa – olahpesan cepat dan panggilan suara dan video, meskipun tidak menggunakan enkripsi terbaik seperti Facebook Whatsapp. Ini dia lihat apa lagi yang dilakukannya.

 

Uang Seluler

Dompet digital WeChat Pay adalah salah satu alasan utama mengapa aplikasi ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan orang-orang di Tiongkok. Dengan menautkan kartu kredit atau rekening bank, pengguna dapat membayar hampir apa saja yang dibutuhkannya: tiket film, pesanan pengiriman makanan, dan tiket kereta bawah tanah dan bus.

Anda dapat membagi tagihan restoran dengan teman-teman Anda, membayar tagihan listrik Anda, menyimpan kupon digital, dan menyumbang untuk amal. Ada fungsi “pembayaran cepat” yang memungkinkan pengguna memindai barcode matriks untuk membayar alih-alih mengeluarkan uang tunai atau kartu pembayaran.

Anda juga dapat naik wahana dari Didi Chuxing, yang setara dengan Uber di China.

Dan dengan sentuhan Cina yang unik, pengguna WeChat dapat saling mengirim “hong bao” atau “angpo” virtual, uang yang secara tradisional diberikan dalam amplop merah selama liburan Tahun Baru Imlek.

 

Sosial

Aplikasi ini menyelenggarakan obrolan grup tempat pengguna dapat mendiskusikan topik seperti olahraga, teknologi, masalah sosial, ide investasi, selebritas, berita terkini dan lainnya. WeChat Moments adalah umpan media sosial gulir di mana pengguna dapat menulis posting dan berbagi foto dan video.

Aplikasi ini meluncurkan fitur baru tahun ini, Time Capsule, yang menghapus video pengguna setelah 24 jam, dalam upaya nyata untuk meniru fitur Cerita Facebook.

Pengguna juga dapat mengirim stiker digital kepada teman, mendapatkan akses ke game online, dan mencari tahu siapa yang terdekat dengan menggoyangkan ponsel mereka.

Perusahaan dan organisasi baik di dalam maupun di luar China dapat menggunakan aplikasi untuk pemasaran dengan membuat akun resmi. Platform pemesanan perjalanan AirBnb, perusahaan barang mewah Chanel dan raksasa teknologi Cina, Huawei adalah beberapa merek yang hadir di WeChat.

 

Model China

WeChat dan Weixin memiliki hampir 1,1 miliar pengguna pada September, naik 2,3 persen dari kuartal sebelumnya dan 10 persen dari tahun sebelumnya, demikian menurut laporan pendapatan kuartalan terbarunya.

WeChat ini sangat populer di daratan Cina dan kurang begitu di negara lain, yang tidak mengejutkan karena para pemimpin komunis di Beijing telah memblokir warganya untuk mengakses Facebook dan layanan Lembah Silikon lainnya selama bertahun-tahun.

Tetapi ada satu hal yang WeChat tidak biarkan pengguna lakukan: berbicara dengan bebas. Pos-pos sensitif politik secara teratur dihapus dari layanan, menggambarkan bagaimana aplikasi telah menjadi bagian penting dari rezim sensor China karena basis pengguna yang sangat besar dan pengaruh sosial yang sangat besar.

Peneliti Universitas Hong Kong menemukan bahwa sekitar 11.000 artikel telah dihapus dari WeChat tahun lalu, jumlah yang tidak termasuk posting diblokir sebelum publikasi oleh filter kata kunci otomatis.

WeChat juga tidak memiliki apa yang disebut enkripsi ujung ke ujung, dianggap sebagai standar emas untuk privasi dan digunakan oleh Facebook dan layanan lain seperti Signal dan Apple iMessages.

Pembangkang dan aktivis Tiongkok telah lama menduga bahwa pihak berwenang dapat memantau apa yang mereka katakan di aplikasi. Perusahaan, bagaimanapun, telah membantahnya menyimpan catatan obrolan pengguna.***

 

Sumber: AP

Editor: sm

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *