Connect with us

Kabar

Elon Musk akan Hilangkan Judul Berita di Media Sosial X-nya

Published

on

Musk memposisikan X sebagai platform yang lebih relevan bagi para pembuat konten. Pelanggan berlangganan sekarang dapat memposting video lebih lama, postingan mereka ditampilkan lebih tinggi, dan mereka juga mendapatkan bagian dari penjualan iklan.

JAYAKARTA NEWS – Elon Musk berencana meniadakan Headlines dari tautan berita yang disematkan di platform media sosialnya, X, yang sebelumnya bernama Twitter. Langkah tersebut jelas dapat mengancam kemampuan penerbit berita untuk menarik perhatian pembaca melalui postingan mereka di X.

X berencana untuk menghilangkan judul dan teks, dan hanya mempertahankan gambar utama dari tautan berita yang dibagikan di platform tersebut, demikian Musk mengatakan dalam postingannya pada Senin malam. Dia mengatakan, bahwa ide ini datang “langsung” dari dirinya. Perubahan ini akan “sangat meningkatkan” estetika situs, katanya.

Tampaknya langkah terkait dengan upaya Musk untuk membuat pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di X. Selain itu, Musk juga ingin mendorong mereka untuk berlangganan layanan berbayar untuk informasi lebih lanjut.

Belum jelas bagaimana langkah ini akan memengaruhi pengiklan di platform yang pada bulan Juli Musk klaim memiliki 540 juta pengguna bulanan.

Saat ini, tautan berita muncul di timeline pengguna dalam bentuk “kartu” bersama dengan gambar, alamat sumber, dan judul singkat. Penyajian seperti ini membantu mendapatkan klik dan membantu penerbit mendapatkan pembaca.

Namun, dengan tautan yang lebih pendek, pengguna mungkin akhirnya akan menulis beberapa teks bersama dengan postingan mereka, dan pada akhirnya mereka mungkin akan mempertimbangkan layanan berlangganan X. Dengan berlangganan layanan premium di platform ini, yang biayanya £9,60 per bulan, memungkinkan pelanggan untuk menulis postingan yang berisi hingga 25.000 karakter. X juga telah memperkenalkan kemampuan untuk memecah tulisan panjang ini dengan beberapa gambar, mirip dengan posting blog.

Dengan perubahan ini, Musk memposisikan X sebagai platform yang lebih relevan bagi para pembuat konten. Pelanggan berlangganan sekarang dapat memposting video lebih lama, postingan mereka ditampilkan lebih tinggi, dan mereka juga mendapatkan bagian dari penjualan iklan. Tanpa konteks apapun untuk gambar-gambar tersebut, pengguna mungkin terpaksa menambahkan teks atau keterangan mereka sendiri pada postingan yang berisi tautan berita.

Perubahan ini, yang pertama kali diungkapkan dalam sebuah laporan di Fortune, adalah langkah terbaru Musk dalam menantang media mainstream.

Minggu lalu, X dituduh melambatkan tautan berita untuk beberapa outlet berita utama dan pesaing media sosial yang telah dicela oleh Musk, termasuk The New York Times. Wirausahawan ini sebelumnya membandingkan umpan surat kabar dengan diare, dan mencabut verifikasinya.

Organisasi berita termasuk kritikus paling keras dari rencana perubahan X oleh Musk, yang sebagian besar bergantung pada langkah berlangganan. The New York Times menolak membayar untuk verifikasi centang biru X, sementara lembaga penyiar publik AS, NPR, keluar dari layanan tersebut.

Bagian dari dorongan untuk pendapatan berlangganan terkait dengan cuitan yang lebih panjang. Seperti yang dicatat Fortune, di dalam X, harapannya adalah bahwa mengurangi ketergantungan pada judul berita juga akan mendorong pengguna untuk menulis postingan yang lebih menarik.

Apakah Musk dapat mengubah X menjadi alat publikasi yang lebih kuat untuk penulis berpengaruh, seperti Substack, masih harus dilihat. Saat ini, tautan berita muncul sebagai kartu di platform tersebut, yang mencakup judul cerita, deskripsi singkat, dan gambar miniatur.

Meskipun demikian, bagi situs media sosial yang khusus dalam penyebaran berita mendadak, yang telah menjauhkan pers mainstream, tampaknya apa yang akan dilakukannya itu bukanlah rencana bisnis yang baik. Terutama ketika masih ada banyak pesaing yang menunggu di luar sana.

Seorang sumber mengatakan kepada Fortune bahwa pembaruan ini bertujuan untuk mengurangi tinggi postingan untuk menampilkan lebih banyak postingan dalam satu layar. Mereka juga mengatakan bahwa Musk berpikir bahwa menghapus judul dari kartu pratinjau akan mengurangi judul-judul yang menarik perhatian hanya untuk mendapatkan klik. Namun, tanpa kartu pratinjau, publikasi atau blog dapat dengan mudah menulis teks apa pun yang mengajak pengguna untuk mengklik tautan.

Tidak sengaja, Musk juga baru-baru ini mengatakan bahwa jurnalis yang ingin lebih banyak kebebasan dan penghasilan yang lebih tinggi harus langsung menerbitkan di X.

Pada awal bulan ini, agensi berita Agence France-Presse (AFP) menggugat X di Prancis atas “penolakan yang jelas” untuk membahas pembagian remunerasi dari kontennya di platform tersebut. Sementara itu masih harus dilihat, apakah AFP akan berhasil dalam tantangan hukum hak cipta mereka terhadap X di bawah hukum Prancis untuk berita, jaringan media sosial ini tampaknya menjadi kurang bersahabat dalam menampilkan tautan berita — yang mungkin bukan kebetulan.

Pada akhir pekan, bug di X mengganggu tautan dan gambar yang diposting menggunakan layanan asli platform sebelum Desember 2014. Perusahaan tersebut kemudian mengakui masalah tersebut melalui akun dukungan mereka di platform tersebut dan mengatakan masalah ini akan sepenuhnya diselesaikan dalam beberapa hari mendatang.

X juga sedang mengganti fungsionalitas pemblokiran pengguna dengan fitur penyaringan yang diperbarui yang pada dasarnya memungkinkan pengguna mengikuti seseorang tanpa kemampuan untuk berinteraksi dengan mereka. (fortune/rtr/techcrunch/sm)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *