‘Dupa’ dan ‘Origami’ Menang Lomba Film Pendek Buddhis 2019

 ‘Dupa’ dan ‘Origami’ Menang  Lomba Film Pendek Buddhis 2019
foto istimewa

JAYAKARTA NEWS— Dua film pendek berhasil meraih kemenangan dalam Lomba Film Pendek Buddhis 2019 yang digelar di Pusat Perfilman H Usmar Ismail (PPHUI), Kuningan, Jakarta Pusat baru- baru ini.

Untuk kategori umum, film ‘Dupa’ sutradara Suratena  dari Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progi, Jawa Tengah mengungguli 4 nominasi film pendek lain. Sedangkan untuk kategori pelajar, film bertajuk ‘Origami’ karya sutradara Jevin Patrick Edberth dari Keluarga Mahasiswa Buddhis Ashokavadana, President University, Jababeka, Cikarang sukses menggondol juara pertama.

foto istimewa

Kedua pemenang ini sama- sama berhasil menggaet hadiah utama sebesar Rp 15 juta. Mengusung tema ‘Moderasi Beragama : Beda itu Asyik’, lomba film pendek yang diadakan pertama kali oleh Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha ini diikuti 26 peserta dari seluruh Indonesia.

Dewan Juri terdiri atas Firman lie (dosen Desain Komunikasi Visual), Robert Ronny (produser) dan Titien Wattimena (penulis skenario). Rachmat Harsono selaku Koordinator Bidang Pembinaan Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha Nasional (LPTGN) memaparkan lomba ini selain bertujuan menyiarkan dan memperdalam ajaran Buddha tentang toleransi beragama, juga menumbuhkan bibit baru dalam dunia perfilman.

 “Lomba film pendek ini dilatar belakangi berbagai fenomena aktual seputar kehidupan yang terjadi pada bangsa ini” kata Rachmat Harsono. Ia menggarisbawahi isu konflik dan potensi perpecahan bangsa kembali menjadi sorotan akhir- akhir ini. Ajaran Buddha mengandung ajakan guna menempatkan perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang sangat penting. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *