Connect with us

Kabar

Dukung Ketahanan Energi, FEI ILUNI DTGPK FTUI Kembali Gelar FEI ACADEMY

Published

on

JAYAKARTA NEWS– Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan ketahanan energi nasional, Forum Energizing Indonesia Ikatan Alumni Departemen Teknik Gas Petro Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FEI ILUNI DTGPK FTUI) kembali mengadakan seminar nasional FEI ACADEMY New Normal Series-10. Acara ini diadakan di Ruang MULA Co-Working Space, Cilandak Town Square, Jakarta pada Rabu (12/7/2023).

Seminar nasional FEI ACADEMY New Normal Series-10 ini memiliki tema “Just Energy Transition – Just Do It“. Dalam acara ini, turut dihadiri oleh Kepala Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (P3Tek), Senda Hurmuzan Kanam. Selain itu turut hadir sebagai pembicara Presiden Direktur PT. Pertamina (Persero), Nicke Widyawati yang diwakilkan oleh Vice President Sustainability Pertamina, Nanang Sahroini, Presiden Direktur PT. PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah yang diwakilkan oleh Direktur Pengembangan Bisnis dan Niaga PT. PLN Nusantara Power, Muhamad Reza dan Direktur Utama PT. PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah.

Ketua Forum Energizing Indonesia (FEI), Mauren Toruan menjelaskan bahwa seminar nasional ini merupakan kegiatan rutin FEI yang bertujuan untuk membahas kondisi terkini serta peluang dan tantangan dalam pengelolaan energi.

“Sehingga lewat acara ini, pemikiran serta ilmu yang didapat bisa dipergunakan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan Ketahanan energi nasional,” ungkap Mauren.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT. PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah menjelaskan bahwa transisi energi memiliki hubungan dengan digitalisasi.

“Transisi energi itu kan sebenarnya kita menuju yang lebih bersih. Jadi mungkin kalau dilihat antara digitalisasi dan transisi energi memiliki hubungan meskipun tidak langsung, digitalisasi bisa menjadi efisiensi dan juga meningkatkan kualitas dalam transisi energi” terang Chairani.

Tak hanya itu, Chairani juga menyebut bahwa transisi energi juga memiliki manfaat di aspek perekonomian bangsa.

“Kalau kita bicara perekonomian itu arahnya kan opportunity. Kalau ada opportunity baru tercipta market baru, market baru yang ekonominya akan berkembang. Kalau namanya transisi energi ini semua upaya itu akan membuat ekonomi yang baru, contohnya tidak usah jauh jauh, teman teman berkat transisi energi karena harus meningkatkan renewable energi jadi punya inovasi yang namanya cofiring PLTU batubara,” ucap Ani.

Tentang FEI 

Forum Energizing Indonesia (FEI) merupakan wadah alumni Universitas Indonesia yang berperan aktif dalam mendukung pembangunan sektor energi di Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain seminar nasional, FEI ILUNI DTGPK FTUI juga mengadakan diskusi rutin dalam skala kecil (bulanan atau dwi bulanan) serta melakukan aksi nyata untuk membantu desa binaan, seperti penyediaan energi listrik dan mendukung potensi ekonomi desa.(gus)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *