Donny Damara Makin Fasih Baca Al Quran Berkat Film Guru Ngaji

 Donny Damara Makin Fasih Baca Al Quran Berkat Film Guru Ngaji

Aktor Donny Damara sudah pernah berperan jadi waria di “Lovely Man” sampai ayahanda BJ Habibie di “Rudy Habibie”. Kini dia mendapat tantangan baru, menjadi guru mengaji sekaligus badut.

Peraih piala Citra untuk Aktor Terbaik FFI di Yogyakarta itu sempat berkontemplasi mengenai tawaran peran Mukri. “Saya sempat bertanya-tanya saat dapat skenario, ‘gue bisa enggak menjalankan ini?’,” kata Donny dalam konferensi pers peluncuran trailer “Guru Ngaji” di Jakarta, Senin.

Tantangan ini disanggupinya, apalagi setelah mengetahui “Guru Ngaji” dan dibintangi oleh orang-orang yang berbakat di bidangnya. Ikut meramaikan film ini adalah Dewi Irawan, Akinza Chevalier, Verdi Solaiman, Andania Suri dan pelawak dari tiga era berbeda, mulai dari Tarzan, Ence Bagus hingga Dodit Mulyanto.

Agar berhasil menggambarkan seorang guru mengaji, pria 51 tahun ini kembali belajar membaca Al’Quran dengan baik dan benar agar terlihat meyakinkan di depan kamera.

“Saya belajar ngaji juga, punya guru ngaji, tajwid dan qalqalah kan harus benar,” imbuh aktor yang aktif sejak akhir 80-an itu.

Dalam film “Guru Ngaji” yang akan tayang pada 22 Maret 2018, Donny berperan sebagai Mukri, guru ngaji yang selama ini ikhlas mengajar membaca Alquran di desa Tempuran tanpa mengharap balasan materi.

Namun, Mukri terpaksa mengambil pekerjaan sampingan sebagai badut di sebuah pasar malam untuk tetap bisa mencukupi kebutuhan keluarga.

Produser Rosa Rai Djalal mengatakan ide film ini diangkat dari keprihatinan terhadap nasib dan kesejahteraan guru ngaji di Indonesia. “Saya banyak melihat kehidupan guru ngaji yang masih memprihatinkan, banyak yang harus punya pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan,” katanya.

Untuk mengapresiasi para guru mengaji di Indonesia, rumah produksi ini juga membagikan paket umrah gratis untuk 25 guru ngaji pilihan penonton. ***

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.