Connect with us

Kabar

Ditemukan Varian Baru Covid-19 India di Jatim

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Berita mengejutkan tentang covid-19 baru dari India ditemukan di Jatim. Petugas covid menemukan 3 warga yang positif terpapar.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Pawaransa Khofifah menegaskan, ada tiga kasus varian baru di Jatim. Tiga kasus baru itu yakni Covid-19 strain India B1617.2 atau Delta.

Sedangkan ketiga kasus itu saat ini telah dilakukan penanganan. Di mana dua pasien sedang manjalani perawatan di Surabaya, sedangkan satu pasien dirawat di Bojonegoro.

“Kami sudah langsung komunikasikan dengan Rumah Sakit di Bojonegoro, agar mendapat perawatan secara efektif. Ini sama dengan yang di Kudus, B1617.2, yang terkonfirmasi per pagi tadi, ada tiga di Jatim,” kata Khofifah kepada wartawan di DPRD Jatim, Senin (14/6).

Varian baru Covid-19 India tersebut, lanjutnya, didapat dari hasil sequencing di Institute Tropical Disease (​ITD) Universitas Airlangga (Unair). Tiga kasus Corona asal India tersebut berasal dari 24 Genome Sequencing yang dikirimkan oleh Tim Penanganan Covid-19 Jatim.

Khofifah juga langsung menugaskan, Koordinator Tim Tracing Satgas Covid-19, dr Kohar Hari Santoso untuk melakukan tracing, khususnya kontak erat dari tiga pasien tersebut.

Saat ini, lanjut Khofifah, tim penanganan Covid-19 Jatim, menunggu hasil Genome Sequencing berikutnya. Khofifah berharap, semua dapat terkomunikasikan dan terkelola dengan baik.

Mantan Mensos RI juga meminta ada pengecekan dan ditelusuri menular dari mana virus varian baru tersebut. Apakah yang bersangkutan hanya kontak erat, ataukah Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Ini sedang saya minta cek, mereka ini terkonfirmasi mungkin kontak erat atau PMI dan seterusnya, saya mohon kita menunggu,” katanya.(poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *