Disbudpar Sumut Perkenalkan Aplikasi Pariwisata ‘DISUMUTAJA’

 Disbudpar Sumut Perkenalkan Aplikasi Pariwisata ‘DISUMUTAJA’

Kepala Seksi Promosi Pariwisata, Dedi Arian Rizki Siregar saat di acara launching aplikasi Pariwisata ‘DISUMUTAJA’. (Foto. Disbudpar Sumut)

JAYAKARTA NEWS – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara (Disbudpar Sumut) melalui Bidang Pemasaran Pariwisata secara resmi memperkenalkan aplikasi Pariwisata Sumatera Utara terintegrasi yang bernama ‘DISUMUTAJA’. Tujuan aplikasi ini untuk memudahkan wisatawan memperoleh berbagai informasi wisata di Sumut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, yang diwakilkan oleh Kepala Seksi Promosi Pariwisata, Dedi Arian Rizki Siregar, di Parapat, Sabtu malam (3/12/2022) mengatakan aplikasi ini menyediakan banyak informasi kepariwisataan. Mulai dari akomodasi, kuliner perhotelan, objek wisata, budaya, ekraf dan kalender event. 

Kadis Budpar Kab. Simalungun, M. Fikri Fanani Damanik (tengah) bersama Kadis Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah, Samson Panggabean (kiri kedua) Kadis Kepemudaan dan Olahraga Kota Tanjung Balai, Milfa (kiri), Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo, Munarta Ginting (kanan ketiga), Kadis Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Labuhanbatu Utara, Ismail Efendi Rambe (kanan kedua) dan Kabid Promosi dan Pemasaran Dispar Samosir Shany Nainggolan (kanan) ikut hadir pada launching aplikasi DISUMUTAJA. (Foto. Disbudpar Sumut)

“Untuk itu, kami akan bersinergi dengan instansi dinas pariwisata terkait di kabupaten/kota yang nantinya bekerjasama untuk pengembangan informasi kepariwisataan yang berkelanjutan,”katanya. 

Kemudian Dedi menambahkan, bahwa mobile aplikasi ini dilengkapi dengan fitur data tracker yang siap diakses oleh stakeholder, wisatawan, pelaku usaha pariwisata juga masyarakat agar dapat berkontribusi dalam memberikan informasi dan mengambil andil di dalam penyajian informasi pariwisata di Sumatera Utara ke media, serta dapat digunakan masyarakat umum dimana pun mereka berada. 

“Diciptakannya aplikasi ini merupakan bentuk komitmen Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dalam transformasi digitalisasi yang mempercepat akselerasi dan integrasi dalam pengembangan potensi pariwisata Sumatera Utara yang berdaya saing dan siap menyambut industri 5.0,” tegasnya. 

Selain itu, aplikasi ‘DISUMUTAJA’ juga sebagai sebuah strategi promosi untuk menggiatkan dan menggairahkan kembali dunia usaha pariwisata di Sumatera Utara, termasuk membentuk citra positif pariwisata yang ramah dan aman bagi wisatawan sehingga wisatawan yang datang dapat berwisata dengan aman.

“Melalui aplikasi ini semoga semakin banyak masyarakat yang mengenal dan memanfaatkan penggunaan aplikasi digital sebagai sarana promosi pariwisata di daerahnya, sehingga ke depannya akan terwujud pengelolaan pariwisata yang berdaya saing dan berkelanjutan sehingga kuantitas dan kualitas kunjungan wisata ke Sumatera Utara akan meningkat”, pungkas Dedi. 

Saat ini aplikasi dapat diunduh melalui google play store bagi pengguna android smartphone dan selanjutnya akan segera dikembangkan bagi pengguna iPhone. 

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun, M Fikri Fanani Damanik menyampaikan terima kasih karena telah memilih Kabupaten Simalungun sebagai tempat launching aplikasi Pariwisata Sumatera Utara ‘DISUMUTAJA’. 

“Harapan kami, aplikasi ini dapat mensinergikan kepariwisataan berkelanjutan dan dapat mempromosikan pariwisata untuk dapat diakomodir di aplikasi ‘DISUMUTAJA’ yang dimiliki pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Kami juga berharap para stakeholder lainnya yang terlibat dapat berperan aktif dalam memajukan industri pariwisata di Sumatera Utara,”katanya. 

Acara yang dimeriahkan oleh penampilan konser musik band lokal De’Gorga Band dan Projectkustik serta penampilan tarian budaya dan kembang api berjalan lancar dan meriah(*/Mons)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.