Connect with us

Entertainment

Diminta Bioskop hanya Putar Film Indonesia Selama Lebaran

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Lebaran yang jatuh 21 dan 22 April 2023 adalah pesta panen nya film Indonesia. Ada 4 film nasional yang siap diputar di hari nan suci itu, yaitu ‘Buya Hamka’, ‘Jin dan Jun’, ‘Sewu Dino’ dan ‘Khanzab’. Dua film bergenre horor, satu komedi dan sisanya drama biopic.

Ada imbauan agar selama libur 14 hari jelang dan pasca Lebaran hanya tayang film nasional.
“Negara harus berpihak pada film nasional. Lebaran tanpa film impor, stop film asing,” cetus sutradara Anggy Umbara dalam acara Ngabuburit Demi Film Indonesia (DFI) di pelataran Ali Sadikin, hall soto H Maruf, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Jumat (31/3) kemarin. Acara ini dihelat guna memeriahkan Hari Film Nasional (HFN).

Dua aktor muda Rey Bong dan Yasamin Jasen juga mendukung pernyataan Anggy Umbara.
“Saya adalah pencinta film nasional. Sebaiknya Lebaran 2023 hanya putar film nasional di bioskop,” ujar Yasamin Jasen yang tampil di film ‘Khanzab’.

Segendang sepenarian Rey Bong. “Layar bioskop di seluruh Indonesia sekitar 2000an. 14 hari saja deh hanya putar film Indonesia. Dari dulu katanya film nasional jadi tuan rumah di negara sendiri. Nah, buktikan di hari Lebaran tahun ini,” imbau Rey Bong optimistis.

Penulis skenario Alim Sudio (‘Buya Hamka’) dan produser Amrit Punjabi (‘Jin dan Jun) senada.
“Lebaran tahun ini kami dari MVP membuat remake Jin dan Jun. Semoga nantinya bioskop hanya dipenuhi film nasional,” harap Amrit Punjabi yang saat ini MVP sedang syuting film ‘Diambang Kematian’.

Bagaimana tanggapan pihak pemerintah ?

Ruli dari Direktorat Perfilman, Musik dan Media (PMM) Kemdikbud Ristek yang mewakili Direktur PMM Ahmad Mahendra berjanji akan menyampaikan usul para insan film nasional ke atasannya.

Demi Film Indonesia (DFI) sebagai pemangku kepentingan (stake holder) Badan Perfilman Indonesia (BPI) di sisi lain juga telah sukses mengkampanyekan film nasional via videotron, Billboard dan GPR TV. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *